IMPLEMENTASI SISTEM

1. Definisi Sistem

Terdapat dua kelompok pendekatan didalam mendefinisikan sistem, yaitu yang menekankan pada prosedurnya dan yang menekankan pada komponen atau elemennya. Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada prosedur mendefinisikan sistem sebagai berikut ini :

Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.

Menurut Jerry Fitzgerald, Ardra F. Fitzgerald dan Warren D. Stallings, Jr., mendefinisikan prosedur sebagai berikut :

Suatu prosedur adalah urut-urutan yang tepat dari tahapan-tahapan instruksi yang menerangkan Apa (What) yang harus dikerjakan, Siapa (Who) yang mengerjakannya, Kapan (When) dikerjakan dan Bagaimana (How) Mengerjakannya.

Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponennya mendefiniskan sistem sebagai berikut ini :

Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu

Kedua kelompok definisi tersebut adalah benar dan tidak bertentangan, yang berbeda adalah cara pendekatannya. Pendekatan sistem yang merupakan kumpulan elemen-elemen atau komponen-komponen atau subsistem-subsistem merupakan definisi yang lebih luas. Definisi ini lebih banyak diterima, karena kenyataannya suatu sistem dapat terdiri dari beberapa subsistem atau sistem bagian. Sebagai misal, sistem akuntansi dapat terdiri dari beberapa subsistem-subsistem, yaitu subsistem akuntansi penjualan, subsistem akuntansi pembelian, subsistem akuntansi penggajian, subsistem akuntansi biaya dan lain sebagainya.

Apa itu Subsistem ?

Subsistem sebenarnya hanyalah sistem di dalam suatu sistem, ini berarti bahwa sistem berada pada lebih dari satu tingkat. Pemisalan lainnya, mobil adalah suatu sistem yang terdiri dari sistem-sistem bawahan seperti sistem mesin, sistem badan mobil dan sistem rangka. Masing-masing sistem ini terdiri dari sistem tingkat yang lebih rendah lagi. Misalnya, sistem mesin adalah kombinasi dari sistem karburator, sistem generator, sistem bahan bakar dan seterusnya.

Apa itu Supersistem ?

Walaupun istilah supersistem jarang digunakan, sistem seperti ini ada. Jika suatu sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar, sistem yang lebih besar itu adalah supersistem. Contohnya, pemerintahan kota adalah suatu sistem, tetapi ia juga merupakan bagian dari sistem yang lebih besar – pemerintahan propinsi. Pemerintahan propinsi adalah supersistem dari pemerintahan kota dan juga merupakan subsistem dari pemerintahan nasional.
Dari definisi dan penjelasan diatas dapatlah diambil kesimpulan, suatu sistem terdiri dari elemen yang bisa berbentuk individu atau bagian-bagian yang terpisah, kemudian berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan. Mobil terdiri dari bagian-bagian sistem yang berinteraksi/kerjasama untuk tujuan mobil tersebut bergerak ke suatu arah. Keluarga, pertama kali terdiri dari 2 individu yang terpisah yang mana individu itu sendiri merupakan suatu sistem yang terdiri dari subsistem-subsistem, kemudian bersatu membentuk keluarga untuk mencapai suatu tujuan. Keluarga itu sendiri merupakan subsistem dari sistem Rukun Tetangga (RT), RT merupakan subsistem dari Rukun Warga (RW), RW subsistem dari suatu Kelurahan, Kelurahan subsistem dari suatu Kecamatan, dan demikian seterusnya.

2. Karakteristik Sistem

A. Komponen Sistem (Components)

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifatsifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Jadi, dapat dibayangkan jika dalam suatu sistem ada subsistem yang tidak berjalan/berfungsi sebagaimana mestinya. Tentunya sistem tersebut tidak akan berjalan mulus atau mungkin juga sistem tersebut rusak sehingga dengan sendirinya tujuan sistem tersebut tidak tercapai.

B. Batas Sistem (Boundary)

Batas sistem (boundary) merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.


C. Lingkungan Luar Sistem (Environments)

Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi dari sistem dan dengan demikian harus tetap dijaga dan dipelihara. Sedang lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, kalau tidak maka akan menggangu kelangsungan hidup dari sistem.

D. Penghubung (Interface) Sistem

Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke yang lainnya. Keluaran (output) dari satu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainnya dengan melalui penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat berintegrasi dengan subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan.

E. Masukan (Input) Sistem

Masukan sistem adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran. Sebagai contoh didalam sistem komputer, program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.

F. Keluaran (Output) Sistem

Keluaran sistem adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada supersistem. Misalnya untuk sistem komputer, panas yang dihasilkan adalah keluaran yang tidak berguna dan merupakan hasil sisa pembuangan, sedang informasi adalah keluaran yang dibutuhkan.

G. Pengolah (Process) Sistem

Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran. Suatu sistem produksi akan mengolah masukan berupa bahan baku dan bahan-bahan yang lain menjadi keluaran berupa barang jadi. Sistem akuntansi akan mengolah data-data transaksi menjadi laporan-laporan keuangan dan laporan-laporan lain yang dibutuhkan oleh manajemen.

H. Sasaran (Objectives) atau Tujuan (Goal)

Suatu sistem pasti mempunyai tujuan atau sasaran. Kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuannya.
Perbedaan suatu sasaran (objectives) dan suatu tujuan (goal) adalah, goalbiasanya dihubungkan dengan ruang lingkup yang lebih luas dan sasaran dalam ruang lingkup yang lebih sempit. Bila merupakan suatu sistem utama, seperti misalnya sistem bisnis perusahaan, maka istilah goal lebih tepat diterapkan. Untuk sistem akuntansi atau sistem-sistem lainnya yang merupakan bagian atau subsistem dari sistem bisnis, maka istilah objectives yang lebih tepat. Jadi tergantung dari ruang lingkup mana memandang sistem tersebut. Seringkali tujuan (goal) dan sasaran (objectives) digunakan bergantian dan tidak dibedakan.

3. Klasifikasi Sistem

Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya sebagai berikut ini :

1. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem abstrak (abstract system) dan sistem fisik (physical system)

Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Misalnya sistem teologia, yaitu sistem yang berupa pemikiran-pemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan. Sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik. Misalnya sistem komputer, sistem akuntansi, sistem produksi dan lain sebagainya.

2. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem alamiah (natural system) dan sistem buatan manusia (human made system)

Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat manusia. Misalnya sistem perputaran bumi. Sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang oleh manusia. Sistem buatan manusia yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin disebut dengan human-machine system atau ada yang menyebut dengan man-machine system. Sistem informasi merupakan contoh man-machine system, karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.

3. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem tertentu (deterministic system) dan system tak tentu (probabilistic system)

Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Interaksi diantara bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti, sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan. Sistem komputer adalah contoh dari sistem tertentu yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan program program yang dijalankan. Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.

4. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem tertutup (closed system) dan sistem
terbuka (open system)

Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak diluarnya. Secara teoritis sistem tertutup ini ada, tetapi kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, yang ada hanyalah relatively closed system (secara relatif tertutup, tidak benar-benar tertutup). Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk lingkungan luar atau subsistem yang lainnya. Karena sistem sifatnya terbuka dan terpengaruh oleh lingkungan luarnya, maka suatu sistem harus mempunyai suatu sistem pengendalian yang baik. Sistem yang baik harus dirancang sedemikian rupa, sehingga secara relatif tertutup karena sistem tertutup akan bekerja secara otomatis dan terbuka hanya untuk pengaruh yang baik saja.
Suatu sistem yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya disebut sistem terbuka. Sebuah sistem pemanas atau pendingin ruangan, contohnya, mendapatkan input-nya dari perusahaan listrik, dan menyediakan panas/dinginnya bagi ruangan yang ditempatinya. Dengan menggunakan logika yang sama, suatu sistem yang tidak dihubungkan dengan lingkungannya adalah sistem tertutup. Sebagai contohnya, sistem tertutup hanya terdapat pada situasi laboratorium yang dikontrol ketat.

Tidak dapat disangkal bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Implementasi internet, electronic commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine, intranet, dan lain sebagainya telah menerobos batas-batas fisik antar negara. Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang pada jaman dahulu harus memakan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan ke sisi lain di dunia, saat ini dapat dilakukan dalam hitungan detik.
Tidak berlebihan jika salah satu pakar IBM menganalogikannya dengan perkembangan otomotif sebagai berikut: “seandainya dunia otomotif mengalami kemajuan sepesat teknologi informasi, saat ini telah dapat diproduksi sebuah mobil berbahan bakar solar, yang dapat dipacu hingga kecepatan maximum 10,000 km/jam, dengan harga beli hanya sekitar 1 dolar Amerika !”. Secara mikro, ada hal cukup menarik untuk dipelajari, yaitu bagaimana evolusi perkembangan teknologi informasi yang ada secara signifikan mempengaruhi persaingan antara perusahaan-perusahaan di dunia, khususnya yang bergerak di bidang jasa. Secara garis besar, ada empat periode atau era perkembangan sistem informasi, yang dimulai dari pertama kali diketemukannya komputer hingga saat ini. Keempat era tersebut (Cash et.al., 1992) terjadi tidak hanya karena dipicu oleh perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh teori-teori baru mengenai manajemen perusahaan modern. Ahli-ahli manajemen dan organisasi seperti Peter Drucker, Michael Hammer, Porter, sangat mewarnai pandangan manajemen terhadap teknologi informasi di era modern. Oleh karena itu dapat dimengerti, bahwa masih banyak perusahaan terutama di negara berkembang (dunia ketiga), yang masih sulit mengadaptasikan teori-teori baru mengenai manajemen, organisasi, maupun teknologi informasi karena masih melekatnya faktor-faktor budaya lokal atau setempat yang mempengaruhi behavior sumber daya manusianya. Sehingga tidaklah heran jika masih sering ditemui perusahaan dengan peralatan komputer yang tercanggih, namun masih dipergunakan sebagai alat-alat administratif yang notabene merupakan era penggunaan komputer pertama di dunia pada awal tahun 1960-an.
Belum banyak buku yang secara eksplisit memasukkan era terakhir ini ke dalam sejarah evolusi teknologi informasi. Fenomena yang terlihat adalah bahwa sejak pertengahan tahun 1980-an, perkembangan dibidang teknologi informasi (komputer dan telekomunikasi) sedemikian pesatnya, sehingga kalau digambarkan secara grafis, kemajuan yang terjadi terlihat secara eksponensial. Ketika sebuah seminar internasional mengenai internet diselenggarakan di San Fransisco pada tahun 1996, para praktisi teknologi informasi yang dahulu bekerja sama dalam penelitian untuk memperkenalkan internet ke dunia industri pun secara jujur mengaku bahwa mereka tidak pernah menduga perkembangan internet akan menjadi seperti ini. Ibaratnya mereka melihat bahwa yang ditanam adalah benih pohon ajaib, yang tiba-tiba membelah diri menjadi pohon raksasa yang tinggi menjulang. Sulit untuk ditemukan teori yang dapat menjelaskan semua fenomena yang terjadi sejak awal tahun 1990-an ini, namun fakta yang terjadi dapat disimpulkan sebagai berikut:
Tidak ada yang dapat menahan lajunya perkembangan teknologi informasi. Keberadaannya telah menghilangkan garis-garis batas antar negara dalam hal flow of information. Tidak ada negara yang mampu untuk mencegah mengalirnya informasi dari atau ke luar negara lain, karena batasan antara negara tidak dikenal dalam virtual world of computer. Penerapan teknologi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Intranet, Internet, Ekstranet, semakin hari semakin merata dan membudaya di masyarakat. Terbukti sangat sulit untuk menentukan perangkat hukum yang sesuai dan terbukti efektif untuk menangkal segala hal yang berhubungan dengan penciptaan dan aliran informasi. Perusahaan-perusahaan pun sudah tidak terikat pada batasan fisik lagi. Melalui virtual world of computer, seseorang dapat mencari pelanggan di seluruh lapisan masyarakat dunia yang terhubung dengan jaringan internet. Sulit untuk dihitung besarnya uang atau investasi yang mengalir bebas melalui jaringan internet. Transaksi-transaksi perdagangan dapat dengan mudah dilakukan di cyberspace melalui electronic transaction dengan mempergunakan electronic money.
Tidak jarang perusahaan yang akhirnya harus mendefinisikan kembali visi dan misi bisnisnya, terutama yang bergelut di bidang pemberian jasa. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan perangkat canggih teknologi informasi telah merubah mindset manajemen perusahaan sehingga tidak jarang terjadi perusahaan yang banting stir menggeluti bidang lain. Bagi negara dunia ketiga atau yang sedang berkembang, dilema mengenai pemanfaatan teknologi informasi amat terasa. Di suatu sisi banyak perusahaan yang belum siap karena struktur budaya atau SDM-nya, sementara di pihak lain investasi besar harus dikeluarkan untuk membeli perangkat teknologi informasi. Tidak memiliki teknologi informasi, berarti tidak dapat bersaing dengan perusahaan multi nasional lainnya, alias harus gulung tikar.
Hal terakhir yang paling memusingkan kepala manajemen adalah kenyataan bahwa lingkungan bisnis yang ada pada saat ini sedemikian seringnya berubah dan dinamis. Perubahan yang terjadi tidak hanya sebagai dampak kompetisi yang sedemikian ketat, namun karena adanya faktor-faktor external lain seperti politik (demokrasi), ekonomi (krisis), sosial budaya (reformasi), yang secara tidak langsung menghasilkan kebijakan-kebijakan dan peraturan-peraturan baru yang harus ditaati perusahaan. Secara operasional, tentu saja fenomena ini sangat menyulitkan para praktisi teknologi informasi dalam menyusun sistemnya. Tidak jarang di tengah-tengah konstruksi sistem informasi, terjadi perubahan kebutuhan sehingga harus diadakan analisa ulang terhadap sistem yang akan dibangun. Dengan mencermati keadaan ini, jelas terlihat kebutuhan baru akan teknologi informasi yang cocok untuk perusahaan, yaitu teknologi yang mampu adaptif terhadap perubahan. Para praktisi negara maju menjawab tantangan ini dengan menghasilkan produk-produk aplikasi yang berbasis objek, seperti OOP (Object Oriented Programming), OODBMS (Object Oriented Database Management System), Object Technology, Distributed Object, dan lain sebagainya.

Keunggulan Kompetitif Dalam Konsep E-Business

Dalam mengimplementasikan konsep e-business, terlihat jelas bahwa meraih keunggulan kompetitif (competitive advantage) jauh lebih mudah dibandingkan mempertahankannya. Secara teoritis hal tersebut dapat dijelaskan karena adanya karakteristik sebagai berikut:
• Pada level operasional, yang terjadi dalam e-business adalah restrukturisasi dan redistribusi dari bit-bit digital (digital management), sehingga mudah sekali bagi perusahaan untuk meniru model bisnis dari perusahaan lain yang telah sukses;
• Berbeda dengan bisnis konvensional dimana biasanya sebuah kantor beroperasi 8 jam sehari, di dalam e-business (internet), perusahaan harus mampu melayani pelanggan selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari, karena jika tidak maka dengan mudah kompetitor akan mudah menyaingi perusahaan terkait;
• Berjuta-juta individu (pelanggan) dapat berinteraksi dengan berjuta-juta perusahaan yang terkoneksi di internet, sehingga sangat mudah bagi mereka untuk pindah-pindah perusahaan dengan biaya yang sangat murah (rendahnya switching cost);
• Fenomena jejaring (internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga kontrol kualitas, harga, dan kecepatan penciptaan sebuah produk atau jasa kerap sangat ditentukan oleh faktor-faktor luar yang tidak berada di dalam kontrol perusahaan; dan
• Mekanisme perdagangan terbuka dan pasar bebas (serta teori perfect competition) secara tidak langsung telah terjadi di dunia internet, sehingga seluruh dampak atau dalil-dalil sehubungan dengan kondisi market semacam itu berlaku terjadi di dunia maya.
Melihat kenyataan di atas, perusahaan harus memiliki kriteria-kriteria (critical success factors) dan ukuran-ukuran (performance indicators) yang dapat dijadikan sebagai barometer sukses tidaknya perusahaan dalam memiliki dan mempertahankan keunggulun kompetitif tertentu. Beberapa teori keunggulan kompetitif di dunia maya menganjurkan agar paling tidak 7 (tujuh) aspek harus menjadi perhatian dari sebuah perusahaan, yaitu masing-masing:
1. Customer Service
2. Price
3. Quality
4. Fulfillment Time
5. Agility
6. Time to Market
7. Market Reach

Strategic Uses of Information Technology

Sebelum Teknologi Informasi diterapkan pihak pengambil keputusan harus yakin dan dapat meyakinkan semua pihak terutama para pustakawan bahwa Teknologi Informasi ini akan membawa PNRI lebih baik dan menguntungkan semua stakeholder-nya. Untuk mendapatkan keyakinan tersebut maka harus disusun strategi jitu untuk pengimplementasian Teknologi Informasi yang diharapkan bisa menjamin manfaat TI yang diperoleh akan sebanding dengan investasi yang ditanam, dan mengatasi permasalahan pertumbuhan teknologi yang sangat cepat. Di atas itu semua strategi Teknologi Informasi ini tentunya harus sejalan dengan strategi organisasi PNRI. Beberapa alasan kenapa perencanaan strategis harus dibuat, yang pertama adalah karena sumber daya yang dimiliki organisasi sangat terbatas, sehingga harus digunakan seoptimal mungkin. Kedua, untuk meningkatkan daya saing atau kinerja organisasi, karena para kompetitor memiliki sumber daya teknologi yang sama dan pembedanya nanti adalah siapa yang memiliki eksekusi terbaik. Alasan ketiga adalah untuk memastikan bahwa aset TI dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan profitabilitas organisasi, baik berupa peningkatan pendapatan (revenue) maupun pengurangan biaya-biaya (costs). Keempat adalah untuk mencegah terjadinya kelebihan investasi (over investment) atau kekurangan investasi (under investment) di bidang TI. Dan alasan terakhir adalah untuk menjamin bahwa TI yang direncanakan dan dikembangkan benar-benar menjawab kebutuhan bisnis organisasi. Tidak semua produk TI tergolong baik, dari sekian banyak produk yang ditawarkan, lebih banyak yang gagal daripada yang berhasil. Sebab itu pada tahap persiapan dan perencanaan, akan dianalisa dan diusulkan beberapa skenario atau pilihan (options), dimana setiap skenario memiliki variabelnya masing-masing seperti biaya (costs), manfaat (benefits), resiko (risks), dampak (impacts), tingkat kesulitan (complexity), hambatan (constraints), dan hal-hal terkait lainnya. Para pengambil keputusan juga harus mempelajari arah dan perkembangan TI secara global agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan teknologi yang diterapkan dan dikembangkan di organisasi. Maka harus dilakukan pemilahan terhadap teknologi mana saja yang masih dalam tahap percobaan atau perkenalan (infancy/emerging), perkembangan (growth), stabil (mature), dan mulai ditinggalkan (facing out). Tentunya dalam pembuatan sistem jangka panjang dan perencanaan harus diperhatikan agar jangan sampai menggunakan metode atau teknologi yang sudah mengarah ke teknologi basi (facing out). Salah satu metode yang bagus adalah dengan melakukan penelitian terhadap penerapan Teknologi Informasi di perpustakaan-perpustakaan nasional di negara-negara lain, sehingga menjadi acuan bagi PNRI. Namun harus diingat bahwa suatu sistem yang berhasil di tempat lain belum tentu sesuai dan berhasil di tempat kita, karena tentunya ada beberapa kondisi dan karakteristik yang berbeda sehingga membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Salah satu dari unsur Teknologi Informasi tersebut adalah brainware, yang merupakan unsur paling kritikal melebihi unsur lainnya (software dan hardware). Jika diibaratkan hardware dan software adalah senjatanya, maka penentu utamanya tetap adalah man behind the gun yaitu dalam hal ini brainware. Manusia (brainware) yang akan mengimplementasikan sistem informasi yang dibangun, mengembangkan TI sejalan dengan perkembangan organisasi di masa mendatang, serta penentu srategi kebijakan TI itu sendiri. Oleh karena itu untuk tahap awal perlunya kita mengarahkan perhatian pada pembenahan faktor brainware dalam memulai penerapan TI di PNRI, sambil secara paralel melakukan persiapan dan perancangan sistem yang matang. Kemudian sektor SDM pun harus didukung, dan digabungkan dengan Teknologi informasi.

Membangun Customer Focused Bisnis

Customer Focused Bisnis sangat diperlukan dalam membangun organisasi bisnis baru, sehingga para customer akan focus pada satu titik. Pertama pemasaran dan penjualan. Seringkali usaha baru bangkrut karena divisi pemasaran dan penjualannya loyo. Banyak yang merasa mampu membuat solusi multimedia dan informatika membuat usaha baru namun setahun kemudian tutup karena tidak dapat proyek. Tugas divisi ini adalah melakukan riset pasar, promosi, mencari prospek klien, melakukan presentasi sampai dapat menghasilkan proyek untuk perusahaan. Kedua produksi. Saya rasa Anda sudah paham proses produksi di bidang ini sehingga dapat membuat struktur organisasi yang tepat. Meski demikian, saya menyarankan agar setiap proyek dikelola oleh Manajer Proyek yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan proyek. Manajer Proyek ini sifatnya temporer: ada ketika ada pekerjaan, sehingga tidak perlu ada di struktur organisasi. Namun dalam pekerjaannya Manajer Proyek membawahi seluruh tim produksi seperti desainer dan programmer sekaligus menjadi penghubung ke klien. Ketiga Administrasi dan Keuangan. Divisi ini bertanggung jawab terhadap masalah legal, administrasi, pembuatan invoice, penagihan, pembayaran dan tetek bengek keuangan termasuk mengatur cash flow dan membayar gaji karyawan.
Ketiga divisi itu cukup dipegang oleh masing-masing satu orang. Direksi saya kira cukup satu saja. Demikian pula komisaris.
Perusahaan baru sebaiknya cukup mengkonsentrasikan pada tiga fungsi dasar tersebut. Bersamaan dengan pertumbuhan perusahaan, jika dirasa perlu melakulan reorganisasi, lakukan saja. Ingat: sa;ah satu daya hidup perusahaan kecil ada pada fleksibilitas organisasinya. Oleh karena itu, manfaatkan daya hidup ini sebaik mungkin.
Value Chain & Strategic Informastion System

Pada poin ini, semuanya tidak beda jauh dengan Strategic Uses of Information Technology. Hanya bagian informasinya lebih di tekan agar pemasarannya jadi lebih baik.

Re-engineering Bussiness Process

Perlu dilakukan penyegaran dalam bisnis agar semuanya tidak monoton dan terkesan asal-asalan, mulai dari sistem organisasi sampai ke aspek produksi harus sering diperbaiki agar lebih baik mutunya.

Menciptakan Virtual Company

Yaitu menciptakan produk atau softwere sendiri untuk mendukung suatu perusahaan.
Membangun Knowledge Creating Company

Membangun Knowledge Creating Company dibutuhkan poin-poin penting yaitu :
1. Important knowledge in Company :
- Cara menghadapi persaingan global.
- Cara menjaga kepuasan pelanggan.
- Cara mengantisipasi dinamika persaingannya secara tepat melalui pengembangan virtual Lego Factory.
- Cara menghadapi arena persaiangan dengan film-film yang sedang beredar dengan kualitas box-office, misalnya Star Wars dan Harry Potter.
- Melaksanakan program restrukturisasi yang terdiri dari downsizing dan downscoping.
2. Cross cultural interfaces & Knowledge domain :
- Lego Group mengirimkan produknya kepada retail-retail kecil yang terdapat di dalam database Lego Group sejak tahun 1950.

- Penjualan saham Legoland (Taman Bermain Lego) kepada Blackstone senilai US$450 juta dan penglepasan aset non-produktif di AS, Korea Selatan, dan Australia merupakan bentuk divestasi Lego dalam kaitannya dengan program turn around. Divestasi ini menghasilkan efektivitas dan efisiensi perusahaan yang secara langsung meningkatkan kinerja Lego.

Tips Cara Membuat USB Flashdisk Bebas Virus Komputer & File/Data Aman

Kini kita sudah tidak perlu takut lagi untuk mencolok-colok flashdisk usb di sembarang komputer atau laptop selain komputer yang punya kita sendiri, karena ada metode yang bisa buat usb fd kita aman dan bebas dari virus komputer. Memang mungkin cara ini tidak abadi karena perkembangan virus terus berkembang sehingga teknik ini belum tentu bisa diandalkan terus menerus.

Caranya cukup mudah dan gratis yaitu kita tinggal menggunakan antivirus lokal yang bernama Smadav yang bisa kita download di alamat situs web www.smadav.net lalu kita install di pc/notebook kita. Anti virus buatan orang indonesia ini punya banyak kemampuan seperti Smad-Lock, Smad-Behavior, SmaRTP, SmaRT-Protection, Cleaner, Smart Scanner, perbaikan registry dan lain-lain.

Setelah anda menginstall program antivirus smadav, anda bisa langsung memproteksi usb flash disk anda dengan cara memasangnya di komputer yang ada smadav. Nanti dengan otomatis sendirinya program smadav akan menciptakan folder khusus dengan nama yang aneh tetapi tidak boleh diganti namanya. Nah di folder aneh itulah kita menyimpan file-file kita agar tidak kena serangan virus.

Cara Melindungi Komputer Dari Si Malware

Malware, sesuatu yang memang sulit diatasi, bahkan saat komputer kita sudah terpasang antivirus dan antivirusnya pun juga ter update secara rutin, si malware ini tetap aja bisa masuk, kenapa ya kok bisa gitu?? banyak sih jalan masuk dikomputer kita, misale dari flash disk, download di internet dan lain sebgaianya, nah berikut ada sedikit cara yang mungkin bisa digunakan untuk membantu mengtatasi permasalahan yang satu ini, yaitu dengan memprotectkomputer kita dari alat yang tersedia di komputer kita sendiri, nah langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama masuk ke menu Start dan cari bagian menu Control Panel
  2. Di bagian Control Panel pilih menu Administrative Tools, dan masuk ke Local Security Setting
  3. Klik kanan di Software Restriction Policies, lalu pilih Create New Policies
  4. Kemudian klik kanan di Additional Rule, dan pilih New Path Rule.
  5. Di Kolom Path tersebut anda bisa memasukkan drive dimana aplikasi yang di dalamnya tidak dapat dieksekusi. Karena kebanyakan malware menular dari flash disk dan download, sebaiknya ketik drive di mana flash disk dan tempat download anda. Misalnya, jika flash disk ada di drive F maka ketikkan F:\ atau download di drive D maka ketikan D:\
  6. Di Security Level pilih Disallowed
  7. Pilih OK dan restart komputer anda
Dengan cara diatas maka kemungkina akan dapat membatu mengatasi masalah Malware yang dapat meresahkan anda, karena banyak sekali jenis malware baru yang kadang antivirus terupdate pun belum sanggup mengatasi sehingga lolos dari pengawasan antivirus tersebut dan masuk ke komputer kita, nah dengan cara diatas maka komputer anda akan selangkah lagi lebih aman.

Tips Merawat Komputer

Tips Merawat KomputerJika Anda merasa komputer Anda tidak cepat atau lemot berarti, ini saya berikan solusi dalam merawat komputer dengan baik. Dalam bekerja sehari-hari bersama komputer, kadang dengan berbagai sebab komputer mengalami kelambatan atau bahkan kerusakan pada system komputer sehingga sangat mengganggu kinerja komputer itu sendiri maupun karyawan atau pengguna komputer. Bila komputer mengalami kelambatan system kerja ada beberapa penyebab yang perlu diwaspadai diantaranya seperti :

* Karena Virus.
* Karena Perangkat hardware
* Perawatan hardware dan software yang kurang diperhatikan

pada kesempatan ini saya akan bahas mengenai “Tips perawatan system komputer”,karena yang perlu diperhatikan adalah bagaimana bila hardware komputer sudah siap namun tetap perlu perawatan pada system atau softwarenya,disini kususnya pada System Windows XP atau Vista.

Ada beberapa tips perawatan sytem seperti berikut ini :

* Usahakan menggunakan software Windows XP atau Vista yang asli, bukan bajakan karena yang asli bisa update selalu ke internet, sehingga sewaktu waktu kebocoran pada system windows bisa ditutup dengan cara update langsung via internet.
* Anti virus baik yang free atau bayaran sudah di install dan di update.
* Bersihkan selalu sampah-sampah (registrry) pada system komputer dengan program bantuan otomatis bukan manual, program ini kecil namun sangat bagus untuk merawat system, yaitu menghapus cokies internet, menghapus file-file bekas seperti bak-bak dan paling penting bisa menghapus sisa-sisa registry saat menginstall program baru, bisa juga untuk meng un-install program. Progam ini adalah : Clean Registry, Anda bisa DOWNLOAD LANGSUNG. Setelah itu install di komputer dan klik 2x, pilih menu : Clean Registry, Unnecessary file, clear file, clear cokies, add/ remove dll.
* Bisa juga dengan membersihkan prefetch dengan cara kita masuk ke explore lalu masuk ke windows lalu pilih prefetch kemudian hapus semua file yang ada di dalamnya.
* Setelah selesai kemudian Install program tambahan untuk mempercepat kecepatan hardisk dan memory, program ini kecil juga namun dahsyat fungsinya, banyak menu pilihan antara lain : clean error, fix error, speed system, speed disk dll. Program ini namanya : Speeditup, Anda juga bisa Bisa DOWNLOAD LANGSUNG

Nah setelah selesai restart komputer anda…tunggu beberapa saat dan rasakan hasilperubahannya … Untuk pembersihan di registry usahakan di backup dahulu registri ya supaya nanti jika ada kesalahan dapat dikembalikan ke setingan awal lagi

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

* Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
* Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
* Akses informasi: contohnya web browsing

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Klasifikasi Berdasarkan skala :

* Personal Area Network (PAN)
* Campus Area Network (CAN)
* Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
* Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
* Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
* Global Area Network (GAN)

Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

* Client-server

Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.

* Peer-to-peer

Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:

* Topologi bus
* Topologi bintang
* Topologi cincin
* Topologi mesh
* Topologi pohon
* Topologi linier

Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data

- Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

- Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.


2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:

- Jaringan LAN merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

- Jaringan MAN Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

- Jaringan WAN Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.


3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.

- Jaringan Client-Server Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

-Jaringan Peer-to-peer Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.


4. Berdasarkan media transmisi data

- Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

- Jaringan Nirkabel (Wireless Network) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

Munich Bersiap Tanpa Ribery
Irvan Beka, Zika Zakiya
Franck Ribery (Mirror)

VIVAnews - Bayern Munich melawat ke kandang Fiorentina di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Selasa 9 Maret 2010 (Rabu dini hari WIB). Munich berada di atas angin dengan keunggulan 2-1 di leg pertama.

Munich akan tetap lolos walau pertandingan nanti hanya bermain imbang. Namun jika kalah 0-1, Fiorentina yang akan lolos karena lebih produktif di kandang lawan.

"Franck memiliki sedikit masalah," kata pelatih Munich Louis van Gaal seperti dilansir The Independent.

Ribery memang sengaja disimpan sejak akhir pekan lalu melawan Cologne di Bundesliga. Minus gelandang serang itu, Munich akhirnya tertahan imbang 1-1. Namun Van Gaal bisa bernapas lega karena Arjen Robben sudah bisa diturunkan.

Selepas terkena flu akhir pekan lalu, Robben siap merumput di kandang La Viola. Sayangnya lini belakang Munich belum terlalu sempurna sebab defender Martin Demichelis cedera di bagian wajah. Sama dengan Diego Contento yang tak bisa tampil karena cedera lutut.

"Secara natural keadaan di sektor pertahanan adalah ketidakberuntungan. Tapi di sesi latihan para pemain berada di posisi yang berbeda dan mereka tahu diri mereka sendiri. Jadi saya tidak khawatir kalau ada pemain selain Demichelis dan Contento," kata Van Gaal.

Ferguson Salah soal Rooney
Media-media Inggris memberitakan, penyerang Manchester United (MU), Wayne Rooney, sudah pulih dari cedera lutut dan mengikuti sesi latihan tim untuk leg kedua 16 besar Liga Champions melawan AC Milan, Rabu (10/3/2010). Hal ini menjawab kekhawatiran Alex Ferguson, yang sempat memprediksikan sebaliknya.

Rooney mengalami cedera itu saat laga final Piala Carling, menghadapi Aston Villa, Minggu (28/2/2010). Hasil pemeriksaan medis menunjukkan, cedera itu tidak parah dan Rooney diperkenankan bergabung bersama tim nasional (timnas) Inggris yang akan melawan Mesir. Namun, cedera itu bertambah parah.

Ferguson sempat kecewa dan marah kepada Rooney. Menurutnya, Rooney tahu kondisinya tidak bugar, namun memaksakan diri tampil. Ia khawatir, Rooney absen dalam laga versus Milan dan mengingat Rooney merupakan pemain penting, ketidakhadirannya bisa berakibat fatal untuk tim.

Sejauh ini memang belum ada konfirmasi resmi dari MU. Namun, menurut media-media Inggris, berdasar pengamatan selama sesi latihan, Rooney tidak terlihat mengalami masalah dan dengan begitu bisa diharapkan bermain melawan Milan.

Hadapi Porto, Fabregas Ngotot Tampil

Foto: Cesc Fabregas / Daylife

LONDON - Kapten Arsenal Cesc Fabregas dipastikan hanya menjadi penggembira saat timnya melakoni partai hidup mati kontra FC Porto di ajang Liga Champions, Rabu (10/3/2010) dini hari WIB. Menyadari pentingnya pertandingan tersebut, playmaker Spanyol sempat berniat untuk tetap tampil meski harus menahan rasa sakit.

Fabregas kembali didera cedera hamstring kala membantu Meriam London menang 3-1 atas Burnley, akhir pekan lalu. Hanya berselang lima menit usai mencetak gol pembuka, pelatih Arsene Wenger menarik kapten 22 tahun dan menggantinya dengan Abou Diaby.

Arsenal mengusung misi wajib menang kala menjamu Porto di Emirates Stadium jika ingin melangkah ke perempat final. Kekalahan 1-2 di Estadio Dragao memaksa pasukan muda Gunners tampil 'sempurna' serta menghindari blunder seperti pada leg pertama.

Absennya Fabregas pada laga krusial ini jelas menjadi kehilangan besar para pecinta Arsenal. Kesedihan itu rupanya tidak dirasakan sepihak.

"Saya ingin tampil dalam pertandingan itu, tapi dokter menyarankan saya istirahat dan menghindari risiko apapun," jelas Fabregas sebagaimana dikutip Sky Sports, Selasa (9/3/2010).

"Saya sedih harus absen karena (laga melawan) Porto penting bagi kami. Saya akan lebih menderita karena harus menyaksikan pertandingan dari tepi lapangan," keluhnya.

Meski begitu, pecinta Meriam London agaknya tidak perlu khawatir terhadap kondisi kapten kebanggaan mereka. Setelah menjalani scan, Fabregas diketahui tidak mengalami cedera serius. Bahkan, dia disinyalir sudah bisa tampil kala Arsenal bertandang ke Hull City pada lanjutan Premier League, akhir pekan ini.

Benitez Masih Andalkan Aquilani
Pemain Liverpool, Alberto Aquilani (tengah)

Pelatih Liverpool, Rafael Benitez, meyakinkan bahwa ia akan tetap memberikan tempat kepada Alberto Aquilani. Meski Aquilani jarang bermain akibat cedera, "The Reds" masih memerlukan tenaganya.

Sejak dibeli Liverpool dengan harga 18 juta poundsterling atau lebih dari Rp 250 miliar, Aquilani lebih sering ditempatkan sebagai cadangan untuk Lucas dan Javier Mascherano. Musim ini, Aquilani hanya bermain delapan kali dan hanya sekali bermain 90 menit penuh untuk "Si Merah", semuanya tanpa mencetak gol. "The Kop" tahu bahwa gelandang sentral asal Italia itu masih bermasalah dengan cedera.

"Ketika Anda cedera, itu tidak mudah bagi seorang pemain. Saat Anda siap, tim tidak bermain baik, itu menjadikannya lebih sulit," kata Benitez.

"Alberto tidak bodoh. Dia tahu prioritas saat ini adalah tim dan yang terbaik untuk tim. Yang dapat ia lakukan adalah terus berlatih dan memastikan ia siap ketika kami perlukan. Namun, seperti sudah saya bilang, yang terpenting adalah kami harus memikirkan tim, bukan satu pemain," tambahnya.

Persija Sulit Kalahkan Persitara

Pada pertemuan pertama di putaran I Liga Super Indonesia, Persija Jakarta berhasil menaklukkan Persitara Jakarta Utara dengan skor telak 3-0. Akhir pekan ini, dua tim bersaudara tersebut kembali akan bertemu di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Apakah Persija akan kembali mendulung kemenangan?


Asisten Pelatih Persija Maman Suryaman mengatakan, timnya akan menemui kesulitan pada laga nanti. Berdasarkan laporan dari pantauan lapangan, Persitara saat ini sudah memiliki materi pemain lebih baik dibandingkan dengan pada putaran sebelumnya.

"Transformasi yang mereka lakukan sudah sangat luar biasa, dan itu akan menjadi konsentrasi kami. Ini derbi berbeda, derbi dengan nuansa baru," ungkap Maman dihubungi di Mess Persija Jakarta yang ada di kawasan Ragunan Jakarta Selatan, Jumat (5/3/2010).

Persitara di putaran II Liga Super Indonesia telah mendatangkan 11 pemain baru. Sementara Persija menambah dua pemain asing. Kedua tim ibukota itu telah melengkapi kuota lima pemain asing.

"Tapi kami tidak gentar, karena Persitara juga belum tahu bagaimana kami sekarang. Kedatangan dua pemain asing membuat kami juga akan tampil berbeda, lihat saja nanti," ujar Maman.

Persija kini menambah dua pemain di posisi striker dan stopper, yaitu mantan pemain Pro Duta Divisi Utama Emanuele Serge yang merupakan striker, serta stopper diisi oleh pemain asal Senegal Toure Papa Abdou.

Namun, dalam laga nanti Persija tanpa Mustafic Fahrudin, yang terkena hukuman akumulasi kartu kuning. Tim berjuluk "Macan Kemayoran" yang dibiayai oleh dana APBD DKI Jakarta itu juga terancam akan kehilangan satu pemain inti, yakni Bambang Pamungkas.

"Bambang ada masalah di lutut kanannya, sepulang dari membela Timnas lawan Australia. Dia ada masalah pada kakinya. Jika memang kondisinya tidak membaik, maka kami akan mengandalkan Serge, dia juga sudah mengalami peningkatan," jelas Maman.

Sementara dari pihak Persitara juga mengalami hal yang sama. Selain ITC kiper asal Jepang Takada dan cedera Ledi Utomo belum sembuh, tim berjuluk "Laskar si Pitung" itu juga mengalami kendala baru.

Dua pemainnya dilaporkan tidak dalam kondisi terbaik. Supriyadi tadi malam langsung dibawa ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Koja Jakarta Utara, karena stopper itu mendadak lemas dan diduga kena serangan typhus.

"Semoga Supriyadi baik-baik saja. Selain itu (Cesar ) Mboma juga katanya kurang fit, tapi bukan karena kami lawan Persija maka kami ngotot, kami tampil ngotot karena kami sangat butuh poin, kebetulan saja lawannya Persija. Demi poin, kami harus kalahkan Persija," kata Harry.

Pembakar Mobil Mabes Polri Terancam Lima Tahun Penjara

Kepolisian telah mendatangkan dokter untuk memeriksa kejiwaan perempuan berinisial IT (35) yang nekat membakar mobil Wakil Irwasum Irjen Rismawan di Mabes Polri. Setelah itu, polisi akan memeriksa pelaku untuk mengetahui motif pembakaran.

"Sudah didatangkan dokter. Apakah IT dalam kondisi sehat atau mungkin ada tekanan lain masih dipelajari," ucap Wakadiv Humas Mabes Polri Brigjen Sulistyo Ishak seusai menemui pelaku di Gedung Utama Mabes Polri, Senin (28/12/2009).

Sulistyo menjelaskan, jika terbukti, pelaku akan dikenakan Pasal 188 KUHP tentang Tindak Pidana Pembakaran yang Membahayakan Umum, dengan ancaman maksimal lima tahun penjara. Mengenai dugaan awal motif pembakaran, Sulisyo menceritakan hal yang sama dengan cerita seorang polisi dalam berita sebelumnya.

IT, kata Sulistyo, telah dipecat dari yayasan bimbingan belajar di Jakarta Barat. Ia lalu membuat laporan di Polres Jakbar dengan tuduhan perbuatan tidak menyenangkan. "Polres Jakarta Barat sudah melakukan penyelidikan dan penyidikan atas kasus itu dan (berkas) sampai dikirim ke kejaksaan," kata dia.

"Namun, berkas dikembalikan karena dinyatakan tidak memenuhi unsur pidana. Polres berusaha lengkapi berkas, tapi tetap tidak memenuhi unsur untuk ditingkatkan ke penuntutan. Kasus pun di SP3 (dihentikan)," kata Sulistyo.

Tidak puas, katanya, IT mengajukan praperadilan dan pengadilan memutuskan SP3 yang dikeluarkan penyidik sudah sesuai prosedur.

"IT tetap tidak puas, lalu melapor ke divisi Propam. IT dilayani, tapi IT tetap merasa tidak puas. Mungkin yang bersangkutan menyampikan kejengkelannya (dengan membakar). Kenapa kasus bertele-tele dan tidak berpihak kepadanya," tutur Sulistyo.

Barang bukti yang disita, mobil Toyota Camry yang terbakar, sisa bensin yang disimpan di botol Aqua, dan korek api. Kasus ini akan dilimpahkan ke Polres Jakarta Selatan untuk ditangani.

Periksa petugas jaga

Sulistyo menambahkan, pihaknya akan memeriksa petugas jaga di pintu masuk Mabes Polri terkait lolosnya bensin ke dalam Mabes.

"Seharusnya diperiksa setiap tas. Kenapa ini sampai lolos masih diselidiki. Nanti akan dicari tahu dia masuk lewat mana," ucap Sulistyo.

Menpan: Prioritasnya adalah Reformasi Birokrasi, Bukan Naik Gaji


Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara EE Mangindaan masih enggan membicarakan tentang rencana kenaikan gaji menteri. Menurut politisi Demokrat ini, kementerian yang dipimpinnya hanya akan memprioritaskan reformasi birokrasi dalam 100 hari ke depan.

Jadi apakah tak akan ada kenaikan gaji menteri dalam waktu dekat, Mangindaan mengisyaratkan tidak. "Yang pasti program 100 hari adalah reformasi birokrasi. Tak hanya an sich tapi juga peraturan-peraturan pemerintah. Tidak difokuskan pada kenaikan gaji," tuturnya dalam keterangan pers di Kantor Menpan, Senin (26/10).

Prioritas ini, diakui Mangindaan, merupakan amanat yang diterimanya sebagai Menpan, antara lain membenahi sistem reformasi birokrasi, implementasi pelayanan publik yang undang-undangnya sudah ada serta kesiapan rencana strategis untuk 2009-2014.

Menpan juga mengaku tak ingin terburu-buru karena kebijakan kenaikan gaji menteri atau pejabat negara sangat terkait dengan anggaran yang ada. Itupun lebih baik difokuskan untuk pembangunan yang berpihak kepada masyarakat, ungkapnya.

"Jadi mohon maaf kalau ditanya kenaikan gaji pada dasarnya pembahasan perlu hati-hati karena menyangkut berbagai aspek," ujar Mangindaan.

"Orang mengatakan seolah-olah saya tidak membahas. Saya fokus ke 100 hari. Kita perlu tahu sejak tahun 2000, kenaikan gaji (birokrat) jalan terus. Untuk pejabat negara tidak dinaikkan. Kita katakan perlu, perlu, tapi perlu dipertimbangkan anggaran," tegasnya kemudian.

10 Terbaik untuk Kecerdasan


Oatmeal akan mengurangi rasa haus.

INGIN anak Anda cemerlang di sekolah? Cobalah untuk memperhatikan dengan jeli kebutuhan gizi dan nutrisi mereka setiap hari. Selain itu, ada baiknya pula memasukan 10 jenis makanan terbaik berikut ini. Makanan yang dijuluki "Brain Food" ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak.

1. Salmon
Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 - DHA and EPA - yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.

2. Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

3. Selai kacang
"Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

4. Gandum murni
Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat/Oatmeal
Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng -- yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6. Berry
Strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker.

Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.

7. Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang.

Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya -- khususnya ALA - jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

8. Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

9. Susu dan Yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

10. Daging sapi tanpa lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolag. Daging sapi tanpa lemak adalah salah atu sumber makanan yang mengandung banyak zat ebsi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi darai sumrbe lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat .

Khsusus bagi yang vegetarian, Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah adalah sumber penting zat besi nonheme -- tipe zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk di serap oleh tubuh . Mengonsumsi tomat , jus jeruk, strawberry dan kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya mencukupi kebutuhan zat besi.

Respons Pidato SBY, IHSG Dibuka Hijau

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai hasil sidang paripurna DPR rupanya direspons cukup positif oleh pelaku pasar.

Mayoritas saham pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia, Jumat (5/3/2010) pagi, berada di jalur positif mengikuti hijaunya Wall Street.

Indeks harga saham gabungan sesi pertama dibuka naik 0,56 persen atau 14,49 poin menjadi 2.580,135. Sektor konsumen menjadi penopang indeks pada awal sesi ini.

Sementara itu, indeks Kompas100 meningkat 0,64 persen, kemudian indeks LQ45 menguat 0,66 persen, dan Jakarta Islamic Index bertambah 0,86 persen.

Dalam pidatonya, SBY membela kebijakan bail out Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun sebagai kebijakan yang tepat untuk mencegah krisis.

Membangun "Eco City" di Indonesia, Masih Mungkinkah?
Rabu, 18 November 2009 | 15:04 WIB

Ada yang masih mengingat, bagaimana wajah Jakarta pada tahun 1980-an? Melihat foto-foto gambaran Jakarta pada tahun-tahun itu, kota tersebut begitu indah. Kini? Jakarta semakin padat, dengan polusi udara yang juga memprihatinkan. Mungkinkah Jakarta dibuat menjadi eco city? Bagaimana dengan kota-kota lainnya?

Eco city merupakan konsep kota yang hijau, sehat, dan bersahabat dengan lingkungan. Konsep ini menekankan adanya ketergantungan fisik dari masyarakat pada kondisi lingkungan.

CEO IndonesiaWise Amol Titus mengatakan, untuk konteks Jakarta, perlu kerja yang sangat keras untuk mengembalikan kota ini menjadi kota yang ramah lingkungan.

"Perlu keseriusan, komitmen, dan dibuktikan dengan implementasi. Untuk Jakarta, hal ini sangat sulit karena permasalahannya sudah sangat kompleks. Tapi, bisa dimulai dengan kepedulian masyarakatnya," kata Amol dalam Eco City Workshop British Council di Museum Bank Mandiri, Kota, Jakarta, Rabu (18/11).

Amol menguraikan, konsep eco city harus menjawab persoalan perkotaan seperti permukiman, sistem transportasi, suplai energi, suplai dan ketersediaan air, serta aspek sosiokultural. Untuk mewujudkannya, diperlukan keterlibatan seluruh stake holder, baik pemerintahan, kalangan bisnis, maupun peran aktif masyarakat.

Menurut Amol, kerangka kerja eco city mencakup beberapa hal yang harus menjadi perhatian. Di antaranya, membangun kepedulian dan melakukan perubahan gaya hidup yang dimulai dengan sikap dan pemikiran yang berorientasi lingkungan, kontrol konsumsi personal, serta mempunyai keinginan untuk melakukan penghematan dan daur ulang terhadap produk-produk yang sudah tidak terpakai. "Partisipasi masyarakat, walaupun kecil, tetap diperlukan. Berpikir dan mulailah melakukannya," kata Amol.

Mengajak berbagai pihak, seperti pemerintahan, LSM, dan media untuk memiliki komitmen yang sama dalam hal pelestarian lingkungan. Amol juga menekankan perlunya adaptasi dan inovasi yang tak menghabiskan banyak biaya.

Kota-kota yang berhasil menerapkan konsep eco city di dunia di antaranya Singapura, Hyderabad (India), Cape Town (Afrika Selatan), Abu Dhabi, London, Curitiba (Brasil) dan Kopenhagen. Indonesia, menurut Amol, memiliki potensi untuk mengembangkan konsep ini di beberapa kota di Tanah Air. "Saya pikir beberapa kota di Indonesia berpotensi untuk dijadikan eco city, seperti Malang," ujarnya.

Amol saat ini tengah berkonsultasi dengan seorang Climate Champions British Council, Reggy Hasibuan, yang memiliki konsep menjadikan Malang sebagai pionir eco city di Indonesia.

Fauzi Bowo: Wujudkan Jakarta yang Kompetitif
Senin, 22 Juni 2009 | 09:41 WIB

Hampir setengah milenium sudah usia Jakarta kini. Di tengah berlomba-lombanya pembangunan dilaksanakan, tersisa banyak masalah menganga. Macet, banjir, minimnya ketersediaan transportasi publik, pendidikan, kesehatan, dan tentu saja kemiskinan. Kebingungan menyeruak, akan jadi seperti apakah Jakarta nanti?

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Jumat (19/6), saat menerima Kompas di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, tegas menyatakan, pihaknya tengah merealisasikan program-program di berbagai sektor untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota yang kompetitif.

Tentu saja, kata Fauzi, proses ini tidak bisa instan, tetapi ada tahapan yang harus dilalui. Banyak kendala dan ketidaksempurnaan dalam setiap realisasi program yang relatif baru diterapkan di Jakarta. Akan tetapi, ia menekankan, di akhir lima tahun masa jabatannya pada 2012 dapat diwujudkan fondasi yang kokoh untuk mencapai Jakarta yang kompetitif.

Bagaimana mencapai tujuan itu? Inilah petikan wawancara Kompas dengan Fauzi Bowo.

Apa dan bagaimana realisasi program kerja DKI untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih?

Good governance adalah dasar untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang baik, mampu bersaing dengan kota-kota lain di Indonesia dan dunia. Untuk itu, kami telah menerapkan sistem perencanaan online di seluruh satuan kerja perangkat daerah/unit kerja perangkat daerah (SKPD/UKPD) sejak tahun 2005. Sistem ini memungkinkan semuanya berjalan efisien, akuntabel, dan transparan.

Silakan kunjungi www.bapedadki.net dan www.bappedajakarta.go.id. Siapa pun bisa menjadi pengamat dan pengawas, serta memberi masukan kepada kami. Berbagai dokumen produk perencanaan dan anggaran (termasuk APBD) dapat dilihat melalui web.

Sejak 2007, proses pengadaan barang dan jasa telah dirintis secara e-procurement, baik pada tahap e-announcement maupun e-regular tender. Pada 2008 telah diimplementasikan e-announcement di sebagian besar SKPD (602 dari 722 SKPD), sedangkan e-regular tender baru diujicobakan pada 41 SKPD. Dengan implementasi itu ada efisiensi sekitar 30 persen.

DKI juga telah menerapkan sistem pelayanan izin usaha dan investasi yang mampu memangkas waktu pelayanan dari 100 hari menjadi 30 hari, dan transparan dalam hal biaya dan prosedural. Pemprov juga telah melakukan perampingan organisasi, penguatan fungsi regulator di tingkat provinsi dan fungsi operator sampai ke tingkat wilayah.

Penerapan Sistem Akuntansi Pemerintah, pemanfaatan teknologi informasi/internet pada semua tingkat pemerintahan, pelayanan masyarakat dan pembangunan, serta penerapan performance agreement contract antara pimpinan dan bawahan secara berjenjang.

Namun, memang masih ada sebagian sumber daya manusia di DKI yang belum melaksanakan tugasnya dengan baik. Contohnya, untuk laporan kepada saya saja, ada yang berusaha menutupi data atau tidak lengkap. Mungkin karena ada yang salah, belum berjalan, atau faktor lain. Tentunya, peningkatan kualitas SDM terus akan menjadi prioritas kami juga agar good governance dapat terlaksana dengan baik.

Bagaimana dengan peningkatan pembangunan di bidang ekonomi?

Kota adalah entitas, ruang tersendiri, harus punya dan memang memiliki daya tarik, yang juga beragam potensi. Dua hal inilah yang dikelola sehingga menjadi keunggulan yang kompetitif. Namun, semua harus dikelola secara komprehensif.

Krisis ekonomi global memberikan pengaruh signifikan terhadap perkembangan perekonomian kota Jakarta. Pada Mei 2009, laju angka inflasi mencapai 0,17 persen. Namun, pengalaman DKI menghadapi krisis multidimensional tahun 1998 menunjukkan bahwa program yang bersifat pemberdayaan memiliki kontribusi signifikan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi, sekaligus membangun kemandirian masyarakat.

Berdasarkan pengalaman itu, Pemprov DKI mengembangkan berbagai program, antara lain Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK), Penguatan Kapasitas Kelurahan, dan Pemberian Biaya Operasional RT, RW, dan Dekel (LMK).

Sementara bentuk pengembangan ekonomi kota Jakarta diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan pada sektor-sektor jasa, di antaranya perdagangan, hotel dan restoran, hiburan dan rekreasi, komunikasi, dan transportasi. Jakarta diproyeksikan sebagai kawasan dengan keunggulan komparatif maupun kompetitif dengan fasilitas meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE).

Saat ini Jakarta telah memiliki semua sarana, prasarana, dan SDM untuk mendukung MICE. Apabila dikelola dengan baik, seperti yang dilakukan Singapura, nilai ekonomisnya luar biasa ketimbang sekadar menjual obyek wisata biasa. MICE tidak hanya mendongkrak pertumbuhan bisnis hotel, transportasi, dan restoran serta obyek-obyek wisata, tetapi juga menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi kreatif lain.

Selain itu, juga dilakukan lingkup pengembangan ekonomi melalui pendekatan zoning maupun klaster. Arah perkembangan Jakarta dalam pendekatan destinasi klaster ekonomi merupakan strategi pembangunan untuk meningkatkan efektivitas dan nilai tambah bagi pertumbuhan kota Jakarta.

Warga Jakarta setiap tahun selalu dirundung masalah. Persoalan itu tidak hanya sebatas masalah tingginya jumlah penderita penyakit tropis, tetapi juga banjir tahunan yang tetap saja datang di wilayah Jakarta.

Warga Jakarta setiap tahun selalu terjangkit penyakit tropis apakah tidak ada solusi untuk menekannya?

Sudah pasti ada, namun perlu diketahui demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit tropis dan telah menjangkiti Jakarta sejak masih bernama Batavia. Akan tetapi, dengan program penanggulangan penularan DBD, angka kesakitan menurun dari 356/100.000 penduduk pada 2007 menjadi 317/100.000 penduduk pada 2008. Angka kematian DBD dari 0,28 persen tahun 2007 menjadi 0,09 persen pada 2008.

Jumlah itu bisa ditekan karena meningkatnya pengendalian vektor penyakit. Hal itu tidak hanya terbatas untuk DBD, tetapi juga penyakit tropis lain, termasuk diare dan chikungunya, melalui penggalakan program pengembangan lingkungan sehat, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, serta Jumat sehat.

Selain penyakit tersebut, flu burung juga menjadi perhatian yang serius. Data dari Dinas Kesehatan DKI menyebutkan, semua kasus penyakit menular dilayani 100 persen sama seperti kasus-kasus flu burung. Tahun 2008 ada enam penderita flu burung yang meninggal. Untuk itu, dalam upaya menekan risiko meningkatnya warga terpapar virus, Pemprov melakukan penertiban pemotongan unggas di berbagai pasar dan permukiman penduduk.

Program tahun 2010, seluruh pemotongan unggas dikonsentrasikan, salah satunya di Rumah Pemotongan Hewan Rawa Kepiting, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Namun, sampai pertengahan 2009 ini, beberapa program, khususnya terkait penanggulangan DBD, masih banyak yang bersifat seremonial. Ke depan harus dicari cara yang efektif agar tidak sekadar seremonial.

Bicara banjir, Jakarta sampai saat ini masih menjadi langganan banjir, apa program dan sejauh mana fasilitas pembangunan pengendali banjir disiapkan?

Pembebasan lahan untuk Kanal Banjir Timur (KBT) akan selesai pada akhir 2009 dan langsung mulai dibangun. KBT dijadwalkan dapat mulai dioperasikan pada 2010. Pembebasan lahan KBT seharusnya sudah selesai beberapa tahun lalu, tetapi karena tak dikerjakan secara sistematis, baru tahun ini selesai. Sebagian pembebasan lahan yang sulit diselesaikan melalui konsinyasi di pengadilan.

Di sisi lain, pengerukan 13 sungai utama juga akan dilakukan tahun ini. Pengerukan dilakukan dengan dana pinjaman lunak Bank Dunia untuk menambah kapasitas daya tampung air saat puncak musim hujan.

Apakah fokus pembangunan pendidikan di Jakarta 2009?

Pemprov DKI Jakarta akan mempertahankan anggaran 20 persen untuk sektor pendidikan, termasuk perbaikan sekolah, bantuan operasional sekolah, peningkatan sarana pendidikan, dan tunjangan kesejahteraan bagi guru.

Secara khusus, Pemprov DKI akan meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan di SMK. Siswa SMK akan dilatih untuk menguasai keterampilan tertentu yang dapat membuat lulusannya mudah mencari pekerjaan atau membuka usaha sendiri.

Saat ini Pemprov sedang menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Jerman untuk meningkatkan kualitas kurikulum SMK. Peralatan latihan di SMK juga akan ditingkatkan secara perlahan supaya para siswa terampil dalam mengoperasikan peralatan modern.

Untuk meningkatkan daya tawar, lulusan SMK dapat memperoleh sertifikat keterampilan khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi profesi yang bersangkutan. Syaratnya, lulusan SMK harus menjalani pendidikan tambahan beberapa bulan.

Dengan menguasai keterampilan khusus, lulusan SMK dapat memperoleh penghasilan tinggi dan menjadi masyarakat kelas menengah. Seorang ahli las bawah air, misalnya, dapat memperoleh penghasilan yang jauh lebih besar daripada seorang insinyur muda.

Bagaimana mengoptimalkan layanan bus transjakarta?

Pemprov sedang mencari cara baru untuk mencegah penerobosan kendaraan pribadi ke jalur bus transjakarta. Tanpa pembersihan jalur bus transjakarta, layanan angkutan massal ini tidak akan efektif.

Bus transjakarta dapat mengangkut 78 juta orang setahun, 14 persen di antaranya adalah mantan pengguna kendaraan pribadi sehingga akan diteruskan sampai koridor X. Namun, Pemprov akan memperbaiki sistem pembayaran kepada operator sebelum menambah dua koridor baru.

Manajemen operasional bus transjakarta juga akan diperbaiki agar jarak kedatangan antarbus tidak terlalu lama dan kondisi bus tidak terlalu penuh. Janji untuk mewujudkan angkutan massal yang cepat dan nyaman akan diwujudkan.

Pemprov juga sedang mengkaji lokasi-lokasi yang memerlukan gedung parkir agar memudahkan pengguna kendaraan pribadi beralih ke bus transjakarta. Sistem angkutan umum untuk pengumpan ke bus transjakarta juga masih dikaji.

Bagaimana kelanjutan MRT, yang seakan-akan tidak ada kemajuan dalam setahun ini?

Pemprov DKI sudah melakukan berbagai persiapan pembangunan MRT, mulai dari pembebasan tanah, penyiapan depo, pembentukan PT MRT, sampai menandatangani nota kesepahaman dengan PLN untuk menyediakan listrik bagi MRT.

Namun, ada bagian pemerintah pusat yang belum dapat dicampuri Pemprov, terutama proses lelang rancangan dasar MRT yang belum selesai.

Saya akan mengundang panitia pengarah (steering committee) MRT dan perwakilan pemberi pinjaman dari Jepang untuk membahas masalah itu. MRT diharapkan selesai dan dapat dioperasikan tahun 2016.

Mesin Pertumbuhan Ekonomi Global "Hidup" Lagi
Kamis, 24 September 2009 | 02:04 WIB

Ketua Dana Moneter Internasional (IMF) Dominique Strauss-Kahn, Rabu (23/9) mengatakan, ekonomi global tampaknya akan pulih dari resesi, tapi krisis ini belum selesai. "Kondisi keuangan membaik dan mesin pertumbuhan tampaknya mulai lagi," Strauss-Kahn mengatakan dalam sebuah pidato di pertemuan kepemimpinan internasional di New York, menurut keterangan persiapan.


"Belum lama lalu, ekonomi global berdiri di tepi jurang," kata dia seraya mengingatkan "krisis ini tidak berarti berakhir".

Direktur Pelaksana IMF mencatat 186-lembaga negara telah mengabdikan banyak dari sumber daya untuk memerangi krisis keuangan dan ekonomi global terburuk sejak Depresi Besar.

Mengingat "langsung panik" yang mengikuti keruntuhan bank investasi Wall Street Lehman Brothers pada September 2008, Strauss-Kahn mengatakan itu waktu "aktivitas ekonomi mulai turun secara spiral."

Ketakutan lain Depresi Besar "tidak berdasar," katanya kepada Global Creative Leadership Summit, pertemuan kepala negara, bisnis dan pemimpin lembaga internasional dan pemenang Hadiah Nobel. "Tapi hari ini dunia terlihat berbeda. Krisis belum berakhir, tapi saya harap terburuk sekarang di belakang kami. Kita tampaknya telah mengalihkan bencana," ujarnya.

Ketua IMF menekankan bahwa lembaga itu memproyeksikan pemulihan global yang "bagian pertama" dari tahun 2010. "Ketika krisis ini berlangsung, saya pikir kami telah membuktikan penilaian kami dengan perkiraan realistis kami, baik untuk pertumbuhan dan untuk kerugian kredit," katanya.

IMF dijadwalkan untuk mempublikasikan prakiraan ekonomi dunia yang diperbaharui pada 1 Oktober. "Seperti kita melihat krisis keuangan global saat ini, yang terburuk sejak Depresi Besar, risikonya sangat tinggi," katanya.

"Ekonomi global bisa saja menghadapi kehancuran. Tapi kami mundur dari tepi jurang, dan IMF jelas memainkan perannya," ujarnya lagi.

Pada KTT Kelompok 20 (G20) di Amerika Serikat, Strauss-Kahn juga menggarisbawahi peran IMF "sebagai penasihat kebijakan, khususnya menekankan kebutuhan untuk umum, tindakan terkoordinasi."

"IMF adalah satu di antara yang pertama untuk mengetahui tanggapan kebijakan yang sekarang menjadi bagian dari kebijaksanaan konvensional, terutama stimulus fiskal dan kebutuhan untuk menata kembali sistem perbankan," katanya.

Strauss-Kahn menyoroti promosi lembaganya tentang stabilitas ekonomi dan perdamaian dunia. "Taruhannya sangat tinggi di negara-negara berpenghasilan rendah, di mana populasi sangat rentan," katanya.

Dia mencatat bahwa IMF diciptakan pada masa setelah Perang Dunia II untuk melawan akar ekonomi dari perang. "Di banyak wilayah di dunia, apa yang dipertaruhkan adalah tidak hanya pengangguran lebih tinggi atau menurunkan daya beli, tetapi hidup dan kematian itu sendiri," kata mantan menteri keuangan Sosialis Perancis.

"Marginalisasi ekonomi dan kemiskinan bisa menyebabkan kerusuhan sosial, ketidakstabilan politik, atau rincian dari demokrasi. Kita bisa melihat perang. Ini apa yang harus kita hindari," dia bersikeras, mendesak untuk "bantuan berkesinambungan" ke negara-negara yang membutuhkan.

"Ketika bangsa-bangsa di dunia datang bersama-sama untuk mengatasi tantangan-tantangan bersama dalam semangat solidaritas, kita dapat mencapai siklus perdamaian dan kemakmuran, dan menghindari lingkaran setan konflik dan stagnasi. Sekilas, ini mungkin tampak insidentil untuk peran IMF. Tetapi tidak. Ini mendukung mandat kami," tuturnya.

Pidato Strauss-Kahn datang di sela-sela Sidang Umum PBB dan menjelang pertemuan dua hari para pemimpin dari G20 negara-negara maju dan berkembang yang dibuka Kamis di Pittsburgh, Pennsylvania.

Diselenggarakan oleh Presiden AS Barack Obama, pemimpin G20 diharapkan membahas upaya mereka yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk membendung upaya ekonomi, reformasi sistem keuangan, dan perubahan iklim.

2012, Matahari, dan Bosscha
Rabu, 11 November 2009 | 05:01 WIB


Kalau menyimak wacana tentang Kiamat 2012 yang disebut berdasarkan sistem kalender Maya, argumen pentingnya ada di sekitar Matahari. Antara lain disebutkan, pada tahun 2012 aktivitas Matahari, yang sudah dimulai sejak tahun 2003, akan mencapai puncaknya. Selain itu, Matahari dan Bumi akan berada segaris dengan lorong gelap di pusat Galaksi Bima Sakti.

Tentu, Matahari amat sentral bagi Tata Surya, khususnya Bumi dan kehidupan yang ada di biosfernya. Jika ada peningkatan aktivitas di sana, Bumi pasti akan kena pengaruh. Namun, Matahari sudah rutin menjalani siklus aktivitasnya—yang berperiode 11 tahun itu—selama lebih dari empat miliar tahun dan sejauh ini baik-baik saja.

Kini, seiring dengan merebaknya buku tentang Kiamat 2012, juga film-film Hollywood tentang tema yang sama, juga muncul bantahan, tidak saja dari pimpinan suku Maya, tetapi juga dari kalangan astronomi. Mudah dimengerti kalau kalangan astronomi lalu bersuara. Ini karena penyebar kabar Kiamat 2012 banyak menyebut benda langit, seolah hal itu dapat menguatkan skenario yang mereka usung.

Padahal, dasar skenario itu sendiri, yakni kalender Maya, tidak berbeda jauh dengan kalender modern. Kalau kalender Maya punya berbagai macam siklus dengan panjang berlain-lainan, kita juga punya hal serupa. Jadi, kalau kalender Maya akan berakhir tanggal 21 Desember 2012, itu untuk kita bisa terjadi misalnya pada tanggal 31 Desember 1999. Esok hari setelah tanggal itu, yakni 1 Januari 2000, akan dimulai siklus baru, apakah itu yang berdasarkan hari, tahun, puluhan tahun, abad, atau milenium.

Seperti sudah kita saksikan, berakhirnya siklus macam-macam pada tanggal 31 Desember 1999 tidak disertai dengan kiamat bukan?

Bagaimana dengan perjajaran antara Bumi, Matahari, dan pusat Galaksi Bima Sakti? Penyebar kiamat menyebutkan, saat perjajaran akan menimbulkan gaya pasang yang akan memicu gempa bumi yang menghancurkan untuk menamatkan riwayat dunia. Gaya pasang yang sama juga akan memicu badai matahari yang akan menghancurkan Bumi. Bahkan, untuk menambah efek, planet-planet juga disebut akan berjajar pada tanggal 21 Desember 2012.

Ternyata, setelah diperiksa dengan saksama, Matahari tidak akan menutupi (menggerhanai) pusat galaksi. Bahkan, kalaupun Matahari bisa menutupi pusat galaksi, efek pasang dapat diabaikan, tulis Paul A Heckert yang dikutip pada awal tulisan ini.

Dengan penjelasan itu, skenario Kiamat 2012 tidak perlu dianggap serius.

Berdasarkan teori evolusi (lahir dan matinya) bintang, di mana Matahari adalah salah satunya, Matahari memang sekitar lima miliar tahun lagi akan mengembang menjadi bintang raksasa merah yang akan memanggang Bumi. Namun, bukankah lima miliar tahun masih jangka waktu yang amat, amat lama untuk ukuran manusia?

Namun, demi tujuan-tujuan lebih praktis, misalnya untuk mengetahui hubungan aktivitas Matahari dan gangguan komunikasi, atau untuk mengetahui lebih dalam tentang sifat-sifat Matahari, studi tentang Matahari tetaplah hal penting. Dan inilah rupanya yang diperlihatkan oleh Observatorium Bosscha di Lembang, Jawa Barat.

Penelitian Bosscha

Selama ini, Observatorium Bosscha lebih dikenal dengan penelitiannya di bidang struktur galaksi dan bintang ganda. Penelitian Matahari secara intensif dan ekstensif dilakukan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Namun, Sabtu 31 Oktober lalu, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diwakili oleh Dekan FMIPA Akhmaloka meresmikan teleskop matahari tayang langsung (real time). Sistem pengamatan Matahari yang terdiri dari tiga teleskop yang bekerja pada tiga panjang gelombang berlain-lainan ini dibuat dengan bantuan dari Belanda dan rancang bangunnya banyak dikerjakan oleh peneliti dan insinyur ITB sendiri.

Sistem teleskop yang dilihat dari sosoknya jauh lebih kecil dari umumnya teleskop yang ada di Bosscha ini terdiri dari teleskop yang bekerja pada gelombang visual, di mana untuk mendapatkan citra Matahari, sinarnya dilemahkan dulu sebesar 100.000 kali. Untuk pemantauan, citra Matahari diproyeksikan pada satu permukaan yang dapat dilihat dengan aman. Ini diperlukan karena selain untuk penelitian, fasilitas ini juga digunakan untuk pendidikan masyarakat.

Dua teleskop lainnya masing-masing satu untuk penelitian kromosfer rendah dan satu lagi untuk penelitian kromosfer tinggi.

Menambah semarak peresmian, hadir pula ahli fisika matahari dari Belanda, Rob Rutten, yang pagi itu menguraikan tentang kemajuan penelitian fisika matahari dan tantangan yang dihadapi.

Membandingkan materi paparannya, yang dilengkapi dengan citra hidup Matahari berdasarkan pemotretan menggunakan teleskop matahari canggih, tentu saja apa yang diperoleh oleh teleskop di Bosscha bukan bandingannya.

Kontribusi Indonesia

Direktur Observatorium Bosscha Taufiq Hidayat dalam sambutan pengantarnya menyebutkan, lembaga yang dipimpinnya beruntung masih dapat terus menjalin kerja sama dengan sejumlah lembaga di luar negeri untuk mendukung aktivitas ilmiahnya. Sementara peneliti Matahari di Bosscha, Dhani Herdiwijaya, selain menguraikan berbagai aspek riset tentang fisika matahari juga menyampaikan harapannya untuk mendapatkan hasil penelitian detail tentang Matahari.

Peresmian teleskop surya di Bosscha tampak sebagai momentum bagi bangkitnya minat terhadap riset Matahari.

Seiring dengan peringatan Tahun Astronomi Internasional 2009, berlangsung pula peringatan 400 tahun pengamatan bintik matahari. Dalam konteks ini, masih banyak tugas manusia untuk mendalami lebih jauh serba hal tentang Matahari, bintang yang menjadi sumber kehidupan di Bumi. Alam seperti yang ada sekarang ini, menurut skenario Ilahi, masih akan terbentang lima miliar tahun lagi, bukan sampai tahun 2012.

About this blog

About Me

Foto Saya
Bagus Alfiyanto
Mahasiswa yang ga mau repot
Lihat profil lengkapku

Followers

Powered By Blogger

Archive blog