Mesin Pertumbuhan Ekonomi Global "Hidup" Lagi
Kamis, 24 September 2009 | 02:04 WIB

Ketua Dana Moneter Internasional (IMF) Dominique Strauss-Kahn, Rabu (23/9) mengatakan, ekonomi global tampaknya akan pulih dari resesi, tapi krisis ini belum selesai. "Kondisi keuangan membaik dan mesin pertumbuhan tampaknya mulai lagi," Strauss-Kahn mengatakan dalam sebuah pidato di pertemuan kepemimpinan internasional di New York, menurut keterangan persiapan.


"Belum lama lalu, ekonomi global berdiri di tepi jurang," kata dia seraya mengingatkan "krisis ini tidak berarti berakhir".

Direktur Pelaksana IMF mencatat 186-lembaga negara telah mengabdikan banyak dari sumber daya untuk memerangi krisis keuangan dan ekonomi global terburuk sejak Depresi Besar.

Mengingat "langsung panik" yang mengikuti keruntuhan bank investasi Wall Street Lehman Brothers pada September 2008, Strauss-Kahn mengatakan itu waktu "aktivitas ekonomi mulai turun secara spiral."

Ketakutan lain Depresi Besar "tidak berdasar," katanya kepada Global Creative Leadership Summit, pertemuan kepala negara, bisnis dan pemimpin lembaga internasional dan pemenang Hadiah Nobel. "Tapi hari ini dunia terlihat berbeda. Krisis belum berakhir, tapi saya harap terburuk sekarang di belakang kami. Kita tampaknya telah mengalihkan bencana," ujarnya.

Ketua IMF menekankan bahwa lembaga itu memproyeksikan pemulihan global yang "bagian pertama" dari tahun 2010. "Ketika krisis ini berlangsung, saya pikir kami telah membuktikan penilaian kami dengan perkiraan realistis kami, baik untuk pertumbuhan dan untuk kerugian kredit," katanya.

IMF dijadwalkan untuk mempublikasikan prakiraan ekonomi dunia yang diperbaharui pada 1 Oktober. "Seperti kita melihat krisis keuangan global saat ini, yang terburuk sejak Depresi Besar, risikonya sangat tinggi," katanya.

"Ekonomi global bisa saja menghadapi kehancuran. Tapi kami mundur dari tepi jurang, dan IMF jelas memainkan perannya," ujarnya lagi.

Pada KTT Kelompok 20 (G20) di Amerika Serikat, Strauss-Kahn juga menggarisbawahi peran IMF "sebagai penasihat kebijakan, khususnya menekankan kebutuhan untuk umum, tindakan terkoordinasi."

"IMF adalah satu di antara yang pertama untuk mengetahui tanggapan kebijakan yang sekarang menjadi bagian dari kebijaksanaan konvensional, terutama stimulus fiskal dan kebutuhan untuk menata kembali sistem perbankan," katanya.

Strauss-Kahn menyoroti promosi lembaganya tentang stabilitas ekonomi dan perdamaian dunia. "Taruhannya sangat tinggi di negara-negara berpenghasilan rendah, di mana populasi sangat rentan," katanya.

Dia mencatat bahwa IMF diciptakan pada masa setelah Perang Dunia II untuk melawan akar ekonomi dari perang. "Di banyak wilayah di dunia, apa yang dipertaruhkan adalah tidak hanya pengangguran lebih tinggi atau menurunkan daya beli, tetapi hidup dan kematian itu sendiri," kata mantan menteri keuangan Sosialis Perancis.

"Marginalisasi ekonomi dan kemiskinan bisa menyebabkan kerusuhan sosial, ketidakstabilan politik, atau rincian dari demokrasi. Kita bisa melihat perang. Ini apa yang harus kita hindari," dia bersikeras, mendesak untuk "bantuan berkesinambungan" ke negara-negara yang membutuhkan.

"Ketika bangsa-bangsa di dunia datang bersama-sama untuk mengatasi tantangan-tantangan bersama dalam semangat solidaritas, kita dapat mencapai siklus perdamaian dan kemakmuran, dan menghindari lingkaran setan konflik dan stagnasi. Sekilas, ini mungkin tampak insidentil untuk peran IMF. Tetapi tidak. Ini mendukung mandat kami," tuturnya.

Pidato Strauss-Kahn datang di sela-sela Sidang Umum PBB dan menjelang pertemuan dua hari para pemimpin dari G20 negara-negara maju dan berkembang yang dibuka Kamis di Pittsburgh, Pennsylvania.

Diselenggarakan oleh Presiden AS Barack Obama, pemimpin G20 diharapkan membahas upaya mereka yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk membendung upaya ekonomi, reformasi sistem keuangan, dan perubahan iklim.

1 komentar:

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii

kunjungan balik ya gan :)

Posting Komentar

About this blog

About Me

Foto Saya
Bagus Alfiyanto
Mahasiswa yang ga mau repot
Lihat profil lengkapku

Followers

Archive blog