4613evaluasi1.jpgIbarat macan, peraturan lalu-lintas di Indonesia itu ‘menyeramkan'. Tapi, macannya sudah lansia alias lanjut usia, jadi tak bergigi deh! Aturan yang mestinya ditegakkan masih mleyot. Kita sempat terkejut dengan regulasi lampu utama motor kudu nyala di siang hari. Disusul aturan pemakaian variasi motor wajib standar sesuai bawaan pabrik. Plus, regulasi helm harus ber-Standar Nasional Indonesia alias SNI.

Kini, harusnya tiga aturan itu ditegakkan. Kudu ada hukuman buat pelanggar. Tilang alias bukti pelanggaran, sidang atau denda. "Tapi sulit mengingat karakter pengendara motor Indonesia bandel," ujar Aiptu Jarot dari Lantas Polda Metro Jaya. Benarkah?

LAMPU NYALA KALAU INGAT4614evaluasi2.jpg

Mulai dari aturan lampu utama yang menyala di siang hari. Niatnya, aturan ini untuk melindungi biker itu sendiri. Sebab, motor dinilai ‘masih kurang terlihat' pengendara mobil di siang hari. Jadi, jika terlihat, diharap mengurangi kecelakaan.

Kini penerapannya. Di jalan utama, seperti Jl. Sudirman, di Jakarta, atau Jl. Sudirman di daerah - karena tiap daaerah punya Jl. Sudirman, aturan ini lumayan berjaya. Biker menyalakan lampu utama saat melintas di sana.

Tetapi, di jalan protokol lain - selain kawasan tertib lalu lintas-seperti Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat atau wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan lampu motor yang berseliweran lebih banyak padam.

"Kalau ini termasuk jalan tikus sih. Saya tiap hari lewat sini. Lampu nyala kalau memang inget. Atau, kalau dari malam lupa dimatikan," ujar Mukharom. Dia tinggal di daerah Kosambi, Tangerang.

Kebayang, nggak jika di jalan perumahan atau jalan berstrata lebih rendah lainnya. Pasti aturan ini tidak berlaku. Menyedihkan, ya! Kesadaran untuk keselamatan diri sendiri masih rendah. Padahal, jika mau, banyak kok bengkel yang bisa membuat lampu utama langsung menyala ketika motor dihidupkan. Apakah reflektor akan cepat rusak? Mungkin! Tetapi, itu jika lampu menyala terus menerus sangat lama! Padahal perjalanan dari rumah ke tempat kegiatan biasanya hanya 1 sampai 2 jam.

HELM ASAL TERLIHAT BAGUS

4615evaluasi3.jpgDari tiga aturan baru dunia biker, rasanya aturan soal helm ber-SNI paling unik. Pada penerapannya, antara polisi dan biker punya pandangan masing-masing. Tak perlu ber-SNI, asal masih bagus, maka dianggap layak dan masih masuk standar.

Aturan ini memang sedikit membingungkan. Sebab, banyak yang berpendapat Standar Nasional Indonesia alias SNI soal helm, jelas masih kalah dari standar dunia seperti DOT atau Snell. Masak pemakai helm bermerk Arai, Shoei, Bell, atau Nolan yang mengaplikasi standar DOT dan Snell ditangkap? Tetapi, kita tidak usah debat-kusir soal itu. Langsung saja pada penerapannya.

Jika melirik ke jalan-jalan berlabel kawasan tertib lalu lintas, mayoritas pengendara sudah menggunakan helm full-face. Jika pun pakai half-face-biasanya dipakai boncenger - tampak bahwa helm itu bermerek nasional. Bukan helm abal-abal. Dan memang, mayoritas dari helm yang dipakai pun ada logo SNI. Meski masih berupa stiker, belum embos, seperti disebutkan dalam aturan.

Namun nampaknya itu bisa terjadi karena di wilayah ini penegak hukum ‘lebih sadis'. Mereka mau menghentikan pengendara yang terlihat pakai helm lusuh, lalu menyuruhnya membeli helm yang sudah berlogo SNI yang diembos.

Coba bergeser sedikit ke jalan ramai lain namun bukan kawasan tertib lalu-lintas. Di wilayah ini, pengertian akan helm SNI mulai bergeser. Menurut Yanto, ojeker mangkal di wilayah Palmerah, Jakarta Barat, peraturan helm yang dimaksud adalah pemakaian helm full-face. Jadi, jika pengendara sudah memakai helm full-face, berarti sudah mentaati peraturan.

Boncengernya? "Ah, Pak Polisi pasti ‘nauin' (mengerti, red) kalau kita ojek. Sulit minta penumpang pakai helm full-face dari kita. Alasannya, jarak dekat dan takut rambut bermasalah karena helm dipakai ramai-ramai," alasan Yanto.

Weleh-weleh...! Yang lainnya bagaimana? Kali ini mengutip perkataan Aiptu Jarot. Menurutnya, selama helm itu masih terlihat bagus secara fisik, dianggap layak. "Kan tidak mungkin mengecek apakah ada embos SNI atau tidak. Tapi kita tau, helm yang terlihat bagus, pasti bukan helm asal-asalan," bilang Jarot.

Untuk menertibkannya, Jarot hingga kini masih pada taraf mengingatkan. "Kalau pas lagi dekat kita, ya kita panggil. Ingatkan. Kalau aturan ini memang perlu sosialisasi lebih lama," pasrah Jarot.

Namun ada satu yang membanggakan dari aturan ini. Minimal kesadaran biker akan jargon, ‘yang penting pakai helm' sudah berkurang. Helm cetok, atau helm proyek, atau helm tentara yang sekadar nemplok di kepala, tanpa pengait mulai berkurang. Semoga pengendara di jalan perumahan juga pakai helm.

KNALPOT RACING BANYAK KOK4616evaluasi4.jpg

Bicara variasi non-pabrikan, banyak yang diaplikasi tunggangan biker. Dari yang kecil, mulai dari lampu sein dan kaca spion. Hingga paling dibicarakan menyangkut aturan variasi adalah knalpot racing atau free-flow harian.

Yang ini gak usah sampai mensurvey ke Jalan Negara, Provinsi, Kabupaten atau bahkan jalan tikus. Sebab, hampir semua merata. Maksudnya, merata pelanggarannya. Habis..., motor yang berseliweran masih banyak yang menggunakan variasi non pabrikan.

Bicara lampu sein dan kaca spion variasi, banyak dalih yang diungkap pengendara pemakainya. Seperti yang diungkap Kiki Permana, mahasiswa perguruan tinggi swasta di Depok. Menurutnya, kaca spion dan sein variasi itu lebih menarik.

"Bentuknya menarik, ukurannya tidak terlalu besar. Toh kita masih bisa melihat ke belakang. Dan lampu sein masih terlihat kalau menyala," kilahnya.

Padahal, kalau mengintip lampu sein belakang seperti yang dipakai motor V-ixion, Jupiter MX 135LC, dan Ninja 150RR atau 250R, banyak yang alakadarnya. Sangat kecil dan posisinya di bawah sadel.

Dan lagi, karena letaknya tadi, pengendara di belakang jadi sulit menentukan, sebenarnya lampu yang menyala menunjukkan ke arah mana hendak berbelok.

Hal ini diungkap Jerry, produsen knalpot di wilayah Tangerang. Menurutnya, omzet penjualan hanya sempat terganggu sedikit. Tapi kini mulai normal lagi.

"Aturan itu susah ditegakkan. Biar bagaimanapun hak orang untuk menambah performa mesin motornya. Kalau hanya bicara kebisingan, tentu ada solusi agar knalpot free-flow tidak berisik. Lagipula, sulit menentukan mana yang berisik dan tidak. Toh knalpot standar yang dibobok pun akan berisik," bilang pria yang sukanya memakai celana pendek itu.

Satu lagi, pemakai knalpot racing biasanya memilih knalpot itu karena untuk membeli yang asli lebih mahal. Ini dilema! Belum lagi, jika menyangkut mata pencaharian para pengrajin dan pedagang knalpot.

Ujung-ujungnya, kepatuhan terhadap aturan ini adalah paling rendah. Untuk penertibannya, razia, jikapun ada, terhadap pemakaian variasi non pabrikan ini terkesan untuk mencirikan motor yang doyan kebut-kebutan alias balap liar.

1 komentar:

SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<






SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<

Posting Komentar

About this blog

About Me

Foto Saya
Bagus Alfiyanto
Mahasiswa yang ga mau repot
Lihat profil lengkapku

Followers

Archive blog

Blog Archive