Fauzi Bowo: Wujudkan Jakarta yang Kompetitif
Senin, 22 Juni 2009 | 09:41 WIB

Hampir setengah milenium sudah usia Jakarta kini. Di tengah berlomba-lombanya pembangunan dilaksanakan, tersisa banyak masalah menganga. Macet, banjir, minimnya ketersediaan transportasi publik, pendidikan, kesehatan, dan tentu saja kemiskinan. Kebingungan menyeruak, akan jadi seperti apakah Jakarta nanti?

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Jumat (19/6), saat menerima Kompas di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, tegas menyatakan, pihaknya tengah merealisasikan program-program di berbagai sektor untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota yang kompetitif.

Tentu saja, kata Fauzi, proses ini tidak bisa instan, tetapi ada tahapan yang harus dilalui. Banyak kendala dan ketidaksempurnaan dalam setiap realisasi program yang relatif baru diterapkan di Jakarta. Akan tetapi, ia menekankan, di akhir lima tahun masa jabatannya pada 2012 dapat diwujudkan fondasi yang kokoh untuk mencapai Jakarta yang kompetitif.

Bagaimana mencapai tujuan itu? Inilah petikan wawancara Kompas dengan Fauzi Bowo.

Apa dan bagaimana realisasi program kerja DKI untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih?

Good governance adalah dasar untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang baik, mampu bersaing dengan kota-kota lain di Indonesia dan dunia. Untuk itu, kami telah menerapkan sistem perencanaan online di seluruh satuan kerja perangkat daerah/unit kerja perangkat daerah (SKPD/UKPD) sejak tahun 2005. Sistem ini memungkinkan semuanya berjalan efisien, akuntabel, dan transparan.

Silakan kunjungi www.bapedadki.net dan www.bappedajakarta.go.id. Siapa pun bisa menjadi pengamat dan pengawas, serta memberi masukan kepada kami. Berbagai dokumen produk perencanaan dan anggaran (termasuk APBD) dapat dilihat melalui web.

Sejak 2007, proses pengadaan barang dan jasa telah dirintis secara e-procurement, baik pada tahap e-announcement maupun e-regular tender. Pada 2008 telah diimplementasikan e-announcement di sebagian besar SKPD (602 dari 722 SKPD), sedangkan e-regular tender baru diujicobakan pada 41 SKPD. Dengan implementasi itu ada efisiensi sekitar 30 persen.

DKI juga telah menerapkan sistem pelayanan izin usaha dan investasi yang mampu memangkas waktu pelayanan dari 100 hari menjadi 30 hari, dan transparan dalam hal biaya dan prosedural. Pemprov juga telah melakukan perampingan organisasi, penguatan fungsi regulator di tingkat provinsi dan fungsi operator sampai ke tingkat wilayah.

Penerapan Sistem Akuntansi Pemerintah, pemanfaatan teknologi informasi/internet pada semua tingkat pemerintahan, pelayanan masyarakat dan pembangunan, serta penerapan performance agreement contract antara pimpinan dan bawahan secara berjenjang.

Namun, memang masih ada sebagian sumber daya manusia di DKI yang belum melaksanakan tugasnya dengan baik. Contohnya, untuk laporan kepada saya saja, ada yang berusaha menutupi data atau tidak lengkap. Mungkin karena ada yang salah, belum berjalan, atau faktor lain. Tentunya, peningkatan kualitas SDM terus akan menjadi prioritas kami juga agar good governance dapat terlaksana dengan baik.

Bagaimana dengan peningkatan pembangunan di bidang ekonomi?

Kota adalah entitas, ruang tersendiri, harus punya dan memang memiliki daya tarik, yang juga beragam potensi. Dua hal inilah yang dikelola sehingga menjadi keunggulan yang kompetitif. Namun, semua harus dikelola secara komprehensif.

Krisis ekonomi global memberikan pengaruh signifikan terhadap perkembangan perekonomian kota Jakarta. Pada Mei 2009, laju angka inflasi mencapai 0,17 persen. Namun, pengalaman DKI menghadapi krisis multidimensional tahun 1998 menunjukkan bahwa program yang bersifat pemberdayaan memiliki kontribusi signifikan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi, sekaligus membangun kemandirian masyarakat.

Berdasarkan pengalaman itu, Pemprov DKI mengembangkan berbagai program, antara lain Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK), Penguatan Kapasitas Kelurahan, dan Pemberian Biaya Operasional RT, RW, dan Dekel (LMK).

Sementara bentuk pengembangan ekonomi kota Jakarta diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan pada sektor-sektor jasa, di antaranya perdagangan, hotel dan restoran, hiburan dan rekreasi, komunikasi, dan transportasi. Jakarta diproyeksikan sebagai kawasan dengan keunggulan komparatif maupun kompetitif dengan fasilitas meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE).

Saat ini Jakarta telah memiliki semua sarana, prasarana, dan SDM untuk mendukung MICE. Apabila dikelola dengan baik, seperti yang dilakukan Singapura, nilai ekonomisnya luar biasa ketimbang sekadar menjual obyek wisata biasa. MICE tidak hanya mendongkrak pertumbuhan bisnis hotel, transportasi, dan restoran serta obyek-obyek wisata, tetapi juga menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi kreatif lain.

Selain itu, juga dilakukan lingkup pengembangan ekonomi melalui pendekatan zoning maupun klaster. Arah perkembangan Jakarta dalam pendekatan destinasi klaster ekonomi merupakan strategi pembangunan untuk meningkatkan efektivitas dan nilai tambah bagi pertumbuhan kota Jakarta.

Warga Jakarta setiap tahun selalu dirundung masalah. Persoalan itu tidak hanya sebatas masalah tingginya jumlah penderita penyakit tropis, tetapi juga banjir tahunan yang tetap saja datang di wilayah Jakarta.

Warga Jakarta setiap tahun selalu terjangkit penyakit tropis apakah tidak ada solusi untuk menekannya?

Sudah pasti ada, namun perlu diketahui demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit tropis dan telah menjangkiti Jakarta sejak masih bernama Batavia. Akan tetapi, dengan program penanggulangan penularan DBD, angka kesakitan menurun dari 356/100.000 penduduk pada 2007 menjadi 317/100.000 penduduk pada 2008. Angka kematian DBD dari 0,28 persen tahun 2007 menjadi 0,09 persen pada 2008.

Jumlah itu bisa ditekan karena meningkatnya pengendalian vektor penyakit. Hal itu tidak hanya terbatas untuk DBD, tetapi juga penyakit tropis lain, termasuk diare dan chikungunya, melalui penggalakan program pengembangan lingkungan sehat, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, serta Jumat sehat.

Selain penyakit tersebut, flu burung juga menjadi perhatian yang serius. Data dari Dinas Kesehatan DKI menyebutkan, semua kasus penyakit menular dilayani 100 persen sama seperti kasus-kasus flu burung. Tahun 2008 ada enam penderita flu burung yang meninggal. Untuk itu, dalam upaya menekan risiko meningkatnya warga terpapar virus, Pemprov melakukan penertiban pemotongan unggas di berbagai pasar dan permukiman penduduk.

Program tahun 2010, seluruh pemotongan unggas dikonsentrasikan, salah satunya di Rumah Pemotongan Hewan Rawa Kepiting, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Namun, sampai pertengahan 2009 ini, beberapa program, khususnya terkait penanggulangan DBD, masih banyak yang bersifat seremonial. Ke depan harus dicari cara yang efektif agar tidak sekadar seremonial.

Bicara banjir, Jakarta sampai saat ini masih menjadi langganan banjir, apa program dan sejauh mana fasilitas pembangunan pengendali banjir disiapkan?

Pembebasan lahan untuk Kanal Banjir Timur (KBT) akan selesai pada akhir 2009 dan langsung mulai dibangun. KBT dijadwalkan dapat mulai dioperasikan pada 2010. Pembebasan lahan KBT seharusnya sudah selesai beberapa tahun lalu, tetapi karena tak dikerjakan secara sistematis, baru tahun ini selesai. Sebagian pembebasan lahan yang sulit diselesaikan melalui konsinyasi di pengadilan.

Di sisi lain, pengerukan 13 sungai utama juga akan dilakukan tahun ini. Pengerukan dilakukan dengan dana pinjaman lunak Bank Dunia untuk menambah kapasitas daya tampung air saat puncak musim hujan.

Apakah fokus pembangunan pendidikan di Jakarta 2009?

Pemprov DKI Jakarta akan mempertahankan anggaran 20 persen untuk sektor pendidikan, termasuk perbaikan sekolah, bantuan operasional sekolah, peningkatan sarana pendidikan, dan tunjangan kesejahteraan bagi guru.

Secara khusus, Pemprov DKI akan meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan di SMK. Siswa SMK akan dilatih untuk menguasai keterampilan tertentu yang dapat membuat lulusannya mudah mencari pekerjaan atau membuka usaha sendiri.

Saat ini Pemprov sedang menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Jerman untuk meningkatkan kualitas kurikulum SMK. Peralatan latihan di SMK juga akan ditingkatkan secara perlahan supaya para siswa terampil dalam mengoperasikan peralatan modern.

Untuk meningkatkan daya tawar, lulusan SMK dapat memperoleh sertifikat keterampilan khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi profesi yang bersangkutan. Syaratnya, lulusan SMK harus menjalani pendidikan tambahan beberapa bulan.

Dengan menguasai keterampilan khusus, lulusan SMK dapat memperoleh penghasilan tinggi dan menjadi masyarakat kelas menengah. Seorang ahli las bawah air, misalnya, dapat memperoleh penghasilan yang jauh lebih besar daripada seorang insinyur muda.

Bagaimana mengoptimalkan layanan bus transjakarta?

Pemprov sedang mencari cara baru untuk mencegah penerobosan kendaraan pribadi ke jalur bus transjakarta. Tanpa pembersihan jalur bus transjakarta, layanan angkutan massal ini tidak akan efektif.

Bus transjakarta dapat mengangkut 78 juta orang setahun, 14 persen di antaranya adalah mantan pengguna kendaraan pribadi sehingga akan diteruskan sampai koridor X. Namun, Pemprov akan memperbaiki sistem pembayaran kepada operator sebelum menambah dua koridor baru.

Manajemen operasional bus transjakarta juga akan diperbaiki agar jarak kedatangan antarbus tidak terlalu lama dan kondisi bus tidak terlalu penuh. Janji untuk mewujudkan angkutan massal yang cepat dan nyaman akan diwujudkan.

Pemprov juga sedang mengkaji lokasi-lokasi yang memerlukan gedung parkir agar memudahkan pengguna kendaraan pribadi beralih ke bus transjakarta. Sistem angkutan umum untuk pengumpan ke bus transjakarta juga masih dikaji.

Bagaimana kelanjutan MRT, yang seakan-akan tidak ada kemajuan dalam setahun ini?

Pemprov DKI sudah melakukan berbagai persiapan pembangunan MRT, mulai dari pembebasan tanah, penyiapan depo, pembentukan PT MRT, sampai menandatangani nota kesepahaman dengan PLN untuk menyediakan listrik bagi MRT.

Namun, ada bagian pemerintah pusat yang belum dapat dicampuri Pemprov, terutama proses lelang rancangan dasar MRT yang belum selesai.

Saya akan mengundang panitia pengarah (steering committee) MRT dan perwakilan pemberi pinjaman dari Jepang untuk membahas masalah itu. MRT diharapkan selesai dan dapat dioperasikan tahun 2016.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

About Me

Foto Saya
Bagus Alfiyanto
Mahasiswa yang ga mau repot
Lihat profil lengkapku

Followers

Archive blog