Animasi pada dasarnya adalah perpindahan objek dari satu titik ke titik lainnya. Animasi bekerja dengan cara memindahkan frame ke frame berikutnya. Animasi pertama kali diperkenalkan oleh Peter Roget pada tahun 1824. Pada tahun 1928 Walt Disney memulai film animasi pertama yang cukup berkharakter, yaitu Mickey Mouse.

Proses pembuatan film animasi didasarkan pada konsep cerita yang dibuat sedemikian rupa, dan untuk beberapa bagian perlu adanya proses editing, tentunya untuk mengurangi biaya produksi.

Alur perjalanan proses pembuatan film, dimulai dari cerita sampai ouput film. Tetapi tidak semua studio animasi memakai pola yang sama.

Story
Film yang bagus didasari oleh cerita yang baik. Pada bagian Story, sebuah ide cerita dikemas dengan baik berupa script.

Art Department
Seluruh bahan cerita, sketsa actor dan perencanaan background diberikan pada Art Department. Jika masih ada yang perlu diperbaiki, Art Department mengembalikan bahan ke bagian Story.

Begitu juga seterusnya pada masing-masing bagian melaksanakan tugas berdasarkan urutan proses secara berurutan sampai akhirnya pada bagian Lighting dan Film Out. Bila terjadi kekurangan bahan atau materi yang dibutuhkan oleh salah satu bagian, bagian tersebut belum bisa melaksanakan fungsinya, bahan atau materi akan dikembalikan ke bagian sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

About Me

Foto Saya
Bagus Alfiyanto
Mahasiswa yang ga mau repot
Lihat profil lengkapku

Followers

Archive blog