Membuat Film Animasi, Lahan Bisnis Yang Menguntungkan! PDF Print E-mail

Wadit, Dik Doang, & Meila
Animasi merupakan salah satu media yang membebaskan kita untuk mengembangkan imanjinasi secara luas. Gambaran apapun yang ada dalam ruang imajinasi dapat diterjemahkan melalui teknik animasi. Karena itu film animasi secara langsung dapat membantu kita mengembangkan imajinasi dan memberikan inspirasi dengan cara yang sangat menghibur dan mudah dipahami.

Aktivis animator sekaligus juga kepala sekolah Hellomotion, Wahyu Aditya mengatakan bahwa untuk bisa menjadi animator seseorang harus memahami beberapa hal penting diantaranya: Imajinasi, manajemen, Komunikasi, dan Matematika.

"Imajinasi diperlukan seseorang untuk memunculkan konsep dan ide cerita, kemudian ilmu manajemen dan komunikasi diperlukan untuk mengatur alur cerita, membuat storyboard, karakter, dan penokohan, sedangkan ilmu matematika diperlukan untuk menghitung frame ketika gambar mulai dianimasikan, termasuk juga spesial effect," papar lelaki yang akrab disapa Wadit ini pada rileks.com

Lebih jauh Wadit menambahkan,"Untuk menjadikan sebuah ide/konsep mentah menjadi sebuah film animasi yang siap dinikmati penonton ada beberapa proses yang harus dilalui yaitu; poses development, produksi, dan distribusi."

"Pada tahap Development meliputi ide/konsep yang diolah menjadi sebuah sinopsis sederhana melalui pembuatan storyboard. Setelah itu masuk pada tahap produksi ke penggarapan apakah film tersebut akan menjadi film animasi 2 dimensi (2D) atau film 3 dimensi (3D). Lalu memberikan karakter/penokohan setelah itu mengolah motion (gerakan) dari animasi tersebut. Untuk film animasi 2 D akan diberikan pewarnaan sedangkan animasi 3D akan diberikan special effect dan sound effect. Pada tahap terakhir adalah pendistribusian melalui media: ponsel,TV, Internet dan Bioskop," papar Wadit.

"Membuat film animasi sangat prospektif, dengan biaya 2 juta bisa kembali 30 juta, atau biaya 5 juta bisa dijual seharga 50 juta, cukup menjanjikan memang," tandas Wadit.

Film Animasi Sebagai Penggugah Imajinasi dan Kreatifitas Anak!

"Imajinasi tidak mengenal batas" itulah kelebihan film animasi dibandingkan dengan film-film lainnya sebagaimana dibenarkan Wadit.

"Apapun yang tidak dapat dilakukan oleh film non animasi karena keterbatasannya, bisa dilakukan oleh film animasi, selain itu biaya film animasi jauh lebih murah dibandingkan dengan film non animasi," tambah wadit.

Karena sifatnya yang imajinatif film animasi kerab kali digunakan sebagai media penyampai pesan khusus kepada anak-anak. Inilah yang dilakukan oleh vendor es krim Wall's Paddle Pop dengan membuat film animasi pertamanya berjudul "Pyrata The Movie". Film ini murni untuk menampilkan citra Paddle Pop Lion sang Aikon es krim tersebut sebagai Hero di benak anak-anak yang menjadi segmen utamanya.

"Selama ini Paddle Pop telah dekat di hati anak-anak,dan sekarang kami menghadirkan Paddle Pop Lions dengan petualangan serunya melalui film Pyrata. Pyrata tidak hanya menjadi tontonan yang bersifat menghibur, namun juga benar-benar dekat di hati anak-anak dan menjadikan Paddle Pop Lion sebagai tokoh idola baru mereka seperti halnya es krim Wall's Paddle Pop," tutur Meila Putri Handayani, Senior Brand Manager Wall's Paddle Pop.

Dalam film tersebut mengisahkan aksi petualangan seru Paddle Pop Lion bersama teman-temannya: Liona (singa betina), Higga Botom (burung hantu yang bijaksana), untuk mendapatkan kembali tiga sumber kebahagiaan yang telah dirampas oleh Shadow Master si penguasa kegelapan bersama anak buahnya para tengkorak bajak laut.

Melalui film animasi imajinasi setinggi apapun dapat diwujudkan dan memberikan pengertian mengenai nilai-nilai kebaikan kepada anak-anak. Petualangan Paddle Pop dalam Pyrata The Movie dihadirkan dalam serangkaian aktifitas mulai dari peluncuran serta pemutaran film di Jakarta dan Bandung pada bulan Desember dan penayangan striping di salah satu stasiun TV swasta, maupun roadshow di beberapa mall. Paddle Pop juga meluncurkan film "Pyrata The Movie" dalam bentuk VCD & DVD, komik, game komputer, dan miniatur Paddle Pop bersama teman-temannya.(heri)

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

About Me

Foto Saya
Bagus Alfiyanto
Mahasiswa yang ga mau repot
Lihat profil lengkapku

Followers

Archive blog