ABSTRAKPerkembangan pengguna internet di dunia dan di Indonesia pada khususnya yang sangat pesat memicu munculnya tren-tren baru di kalangan pengguna internet. Bermain game online adalah salah satu tren yang sedang mewabah di kalangan pengguna internet di dunia, termasuk di Indonesia.

Penelitian terdahulu mengenai internet game sudah dilakukan oleh [KUR2003] dengan membangun game Role Playing Game berbasis web menggunakan teknologi Java. Namun aplikasi tersebut mempunyai kekurangan yaitu ukuran game yang terlalu besar untuk bisa di download dengan cepat dan belum mendukung multi pemain.

Pembuatan Aplikasi ini dibuat dengan tujuan membuat game online Role Playing Game Battle yang mendukung multi pemain dengan hasil akhir berukuran seminimal mungkin tanpa mengurangi kualitas visualisasi. Pembuatan Aplikasi ini ini dibuat dengan teknologi Macromedia Flash MX sebagai klien, Flash Communication Server MX sebagai server permainan, dan Macromedia Flash Remoting untuk berkomunikasi dengan layanan (service) penyimpanan dan pembacaan database. Permainan yang dibuat bersifat realtime dan koneksi persisten akan dibentuk guna membangun komunikasi dua arah dengan server. Dalam pengembangannya aplikasi ini menggunakan pemrograman model Shared Object dan protokol Real Time Messaging Protocol (RTMP) milik Macromedia untuk membangun koneksi persisten tersebut.

Aplikasi yang dihasilkan diuji coba dengan parameter waktu download yang dibutuhkan untuk dapat memainkan game ini serta performa koneksi pada saat jalannya permainan. Performa koneksi diukur dengan melihat waktu yang dibutuhkan antara pengiriman data dan respon dari server.

TUUAN DAN MANFAAT

Tujuan dari Pembuatan Aplikasi ini ini adalah untuk membangun Online multiplayer RPG-battle game berbasis web dengan teknologi Macromedia Flash MX , Macromedia Flash Remoting dan server side action script pada Macromedia Coldfusion MX, serta dengan Macromedia Flash Communication Server.

Manfaat dari Pembuatan Aplikasi ini ini :

§ Terobosan baru multiplayer internet game dengan TCP/IP direct socket connection yang berbasiskan Macromedia Flash MX dan Flash communication server MX.

§ Bagi dunia TI, dapat dikembangkan menjadi aplikasi web lain yang real time menggunakan teknologi direct socket connection misalkan untuk info saham yang real time.

§ Bagi web developer mengubah paradigma lama yang memandang Macromedia Flash hanya sebagai desain tampilan grafis yang hanya digunakan oleh web designer menjadi salah satu bahasa pemrograman web yang terintegrasi dengan desain grafis yang dapat dimanfaatkan siapa saja untuk membangun aplikasi-aplikasi berbasis web yang real time .

§ Bagi umat manusia, game ini akan menjadi salah satu alternatif hiburan baru dan dapat dikembangkan menjadi sistem permainan yang bukan hanya sekedar permainan namun dihubungkan dengan dunia nyata (misalnya untuk manajemen suatu sistem ) .

§ Bagi penggemar game, game ini akan menjadi inovasi permainan baru yang sangat menarik dan dapat menimbulkan kompetisi antara para pemainnya yang tersebar di seluruh dunia

§ Game ini melatih kemampuan pemain untuk mengatur strategi, juga melatih kemampuan konsentrasi dan logika.

§ Dari segi bisnis game ini mempunyai prospek bisnis online yang sangat potensial seperti Nexia, Ragnarok Online, dan game sejenis.

PERUMUSAN MASALAH DAN BATASAN

Perumusan Masalah :

§ Bagaimana membuat aplikasi client game online yang reliable untuk dimainkan, game yang high-impact namun tidak dibutuhkan waktu downloading yang lama tiap kali bermain (low bandwith) dengan teknologi Macromedia Flash.

§ Bagaimana membuat aplikasi server multiplayer game dengan memanfaatkan teknologi Flash Communication server dan Flash Remoting.

Batasan Masalah :

§ Walaupun game ini bertipe Role Playing Game (RPG) , namun tidak ada petualangan / story section dan AI player, hanya multiplayer battle antar pemain saja.

§ Pembuatan Aplikasi ini ini tidak memperhatikan aspek sekuritas dari komunikasi antara client dan server. Data yang dikirim melalui flash communication server tidak dienkripsi.

§ Pengguna tidak bisa melakukan koneksi ke server apabila koneksinya melalui proxy/firewall, kecuali admin jaringan melakukan setting firewall dan mengijinkan port 1935.

IMPLEMENTASI SISTEM

Game ini dibuat dengan menggunakan teknologi Applet Java. Client dapat memainkannya langsung dari browser yang sudah mendukung Java Virtual Machine 1.4. Komunikasi antara client dan server menggunakan socket TCP. Server game bertugas memberikan data state dalam permainan misalnya data town dan dungeon.

gambar-diagram-sistem.JPG

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN SISTEM

Sistem yang dibuat oleh [KUR2003] mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihan dari sistem tersebut adalah :

§ Administrator dapat membuat jalan cerita sendiri melalui server

§ Karena dirancang berbasis web, maka game ini dapat dimainkan tanpa instalasi dengan catatan browser yang idgunakan sudah terinstall plugin Java Virtual Machine.

§ Karena Java multiplatform, game ini juga dapat dimainkan dari banyak platform yang mendukung Java.

Kelemahan dari sistem ini :

§ Membutuhkan fast connection, karena ukuran object-object yang didownload cukup besar. Apalagi dengan tidak adanya preloader maka pengguna akan tidak sabar untuk menunggu proses downloading. Padahal untuk setiap kali bermain, pengguna diharuskan untuk men-download lagi aplikasi ini.

§ Ukuran plugin Java Virtual Machine yang juga relatif besar mempersulit pengguna yang belum memiliki plugin Java Virtual Machine untuk memainkan game ini.

§ Game ini tidak mendukung multiplayer dan interaksi dengan pemain lainnya. Untuk sebuah game yang membutuhkan koneksi ke internet (online), game ini tidak menawarkan sesuatu yang lebih daripada game offline, padahal pengguna sudah membayar lebih untuk koneksi ke internet.

DESKRIPSI UMUM SISTEM

Sistem yang dibangun melibatkan komponen klien dan server. Pemain dan admin berada pada sisi klien sedangkan pada sisi server terdapat server untuk permainan dan server untuk melayani penyimpanan dan pengambilan data dari database. Komponen – komponen tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

§ Admin dan pemain menggunakan teknologi Macromedia Flash MX untuk membangun interaktifitas pada sisi klien.

§ Admin dan pemain membangun koneksi persisten dengan server permainan yang menggunakan Teknologi Macromedia Flash Communication Server MX (flashcom). Koneksi tersebut menggunakan protokol komunikasi dua arah milik Macromedia yaitu Real-Time Messaging Protocol (RTMP).

§ Admin dapat memonitor pemain-pemain yang sedang online, dapat mengirim pesan ke seluruh pemain, mempunyai hak untuk memutuskan koneksi pemain, serta dapat me-restart aplikasi server.

§ Pemain dapat melakukan interaksi dengan pemain lain setelah tersambung dengan server permainan. Interaksi tersebut misalnya komunikasi (chatting), image view, dan battle.

§ Pemain memiliki karakter yang dapat dikontrol dan terus berkembang seiring dengan banyaknya interaksi yang dilakukan dengan pemain lain (battle).

§ Server permainan memegang kontrol komunikasi antara pemain yang tersambung dengannya. Server permainan memegang kendali segala perhitungan pada saat permainan berlangsung. Server ini menggunakan teknologi Macromedia Flash C4ommunication Server MX (flashcom server).

§ Server data bertugas untuk menyimpan data dan membaca data pemain dari database. Server permainan berkomunikasi dengan server data dengan menggunakan teknologi Flash Remoting. Server data menggunakan teknologi Macromedia Coldfusion MX SSAS .

gambar-arsitektur-sistem-dari-sisi-klien-dan-server.JPG

SKENARIO SISTEM

Ketika pemain memulai permainan baru, pemain akan mendapatkan tiga karakter yang nanti akan dikendalikan selama permainan. Ketiga karakter itu mempunyai karakteristik yang berbeda. Pemain mendapatkan sejumlah poin talenta yang dapat digunakan untuk menentukan kemampuan dasar karakter tersebut. Kemampuan dasar itu diwakili oleh empat komponen utama yaitu kekuatan (strength), vitalitas (vitality), kepandaian (intellegence), dan ketangkasan (agility). Kemampuan dasar tersebut yang nantinya menentukan besarnya kerusakan yang terjadi pada saat pertarungan (battle).

Pada awal permainan, setiap karakter memiliki tingkatan (level) kemampuan yang sama yaitu level 1. Level ini berpengaruh pada kemampuan yang dimiliki oleh karakter. Sejumlah poin experience dibutuhkan untuk mencapai level berikutnya. Poin experience adalah poin yang didapatkan dari pertarungan yang dilakukan oleh pemain.

Pemain juga dibekali sejumlah bola energi (energy ball) tertentu yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembelian item. Item adalah barang-barang yang dapat digunakan karakter untuk meningkatkan vitalitas, kemampuan, ataupun untuk menyerang lawan. Selanjutnya bola energi didapatkan dari pertarungan yang dilakukan pemain.

Kemudian pemain disuguhi suatu arena yang dapat dijelajahi. Pada arena tersebut pemain dapat bertemu dan melakukan interaksi dengan pemain lainnya. Interaksi tersebut dapat berupa obrolan (chat) maupun pertarungan (battle). Pada saat menjelajahi arena, penampakan pemain diwakili oleh avatar. Avatar adalah ikon atau karakter yang digunakan untuk melambangkan keberadaan pemain. Pada saat pertarungan (battle), tiga karakter pemain akan dimunculkan. Pemain dinyatakan kalah dalam suatu pertarungan (battle) apabila Health Point (HP) tiga karakternya mencapai nilai 0. Health Point (HP) adalah nilai yang digunakan untuk menunjukkan tingkat kesehatan dari suatu karakter. HP akan terus bertambah dalam interval waktu tertentu sampai mencapai HP maksimal.

Banyaknya pertarungan yang dimenangkan oleh pemain akan meningkatkan kelas pemain. Kelas pemain yang paling dasar adalah peasant dan kelas yang paling tinggi adalah warlord. Kelas ini adalah lambang dari prestise pemain. Tiga pemain yang memiliki rekor kemenangan terbanyak akan berada pada gelar Crown. Pemain dengan rekor terbanyak mendapatkan gelar kehormatan Crown Abassador. Profil dan foto tiga pemain tersebut akan ditampilkan setelah user login.

Admin dapat mengawasi dan setiap user yang sedang online, memutuskan koneksi pemain, me-restart aplikasi server dan mengirim pesan ke seluruh pemain.

KEBUTUHAN SISTEM

Sistem game yang akan dirancang mempunyai spesifikasi kebutuhan sistem sebagai berikut :

§ Sistem memiliki proses untuk pengaturan dan pengendalian karakter.

§ Sistem menyediakan suatu area dalam permainan yang bisa dijelajahi oleh avatar-avatar pemain.

§ Sistem memiliki proses untuk transaksi item pemain.

§ Sistem memiliki suatu proses pertarungan (battle) antar pemain.

§ Sistem menyediakan fasilitas untuk berkomunikasi dengan pemain lainnya.

§ Sistem dapat menangani proses penyimpanan dan pembacaan data pemain dari database.

§ Sistem dapat menangani proses autentifikasi pemain dan administrator.

§ Sistem menyediakan fasilitas bagi administrator untuk monitoring pemain yang online dan maintenance aplikasi server.

PERANCANGAN DEPLOYMENT

Berdasarkan seluruh hasil rancangan di atas maka untuk menggambarkan sistem ini dibutuhkan lima prosesor. Satu prosesor digunakan sebagai Aplikasi Flash Communication Server MX sebagai server permainan. Satu prosesor digunakan untuk Aplikasi Macromedia Coldfusion MX sebagai server data. Pada prosesor ini juga terdapat web server IIS untuk mempublikasikan file flash klien. Selain itu pada prosesor ini juga terdapat basis data game, dalam hal ini Microsoft Access.

Satu prosesor digunakan untuk mewakili administrator dan dua prosesor digunakan untuk mewakili dua pemain. Pada masing masing prosesor tersebut terdapat web browser Microsoft Internet Explorer 5 yang telah terinstall Flash Plugin ver 7.0 yang digunakan untuk menjalankan aplikasi flash. Komunikasi antara prosesor server game dan prosesor para pemain dihubungkan melalui socket TCP (RTMP).

SKENARIO UJI COBA

Skenario yang akan diujikan antara lain :

§ Registrasi pemain baru. Dari skenario ini diuji apakah game sistem dapat melakukan pembuatan account baru.

§ Pembuatan karakter baru dan penentuan kemampuan dasar karakter. Pada skenario ini diuji coba pengaturan kemampuan dasar karakter dan apakah tersimpan di database sesuai dengan nilai yang telah dimasukkan.

§ Autentifikasi pemain. Disini diuji coba apakah pemain yang sudah terdaftar dapat diidentifikasi dan diijinkan memainkan permainan.

§ Melakukan penjelajahan pada dunia. Pada skenario ini diujicoba menjalankan karakter dengan mouse ke seluruh area permainan.

§ Pengambilan dan penyimpanan gambar dari kamera. Pada Skenario ini di uji coba apakah aplikasi bisa menyimpan gambar yang ditangkap dari kamera dan menampilkannya kembali.

§ Transaksi item. Disini diuji coba pembelian, penjualan dan penggunaan item.

§ Pengujian multiplayer. Di sini diuji coba dengan 5 pemain melakukan login bersamaan dan melakukan penjelajahan area.

§ Interaksi dengan pemain lain. Di sini diuji coba interaksi dengan pemain lain melalui pengiriman pesan.

§ Battle dengan pemain lain. Di sini diuji coba segala aspek proses pertarungan sampai dengan keluar pemenang.

§ Penyimpanan data. Pada skenario ini pemain melakukan logout dan login kembali untuk menguji apakah data terakhir tersimpan.

§ Uji coba administrator. Pada skenario ini dilakukan uji coba terhadap segala aspek pada aplikasi administrator.

1 komentar:

make money from home .. online Contest


Posting Komentar

About this blog

About Me

Foto Saya
Bagus Alfiyanto
Mahasiswa yang ga mau repot
Lihat profil lengkapku

Followers

Archive blog