NYON, KOMPAS.com - Uni federasi sepak bola Eropa (UEFA) akan memasang lima wasit di setiap pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2012 nanti. Hal sama juga diterapkan di Liga Champions musim depan.

Satu wasit akan memimpin pertandingan, sedangkan empat wasit lainnya menjadi hakim garis. Nantinya, dua hakim garis akan bertugas seperti biasanya. Sedangkan dua wasit lainnya masing-masing akan mengawasi di belakang gawang.

Ide itu telah disetujui oleh UEFA, Kamis (27/5/2010). Selain Liga Champions dan Euro 2012, sistem seperti ini juga akan diterapkan di Liga Europa (dulu Piala UEFA, Red).

Sistem baru ini untuk mengurangi kontroversi dalam sepak bola. Dua wasit tambahan itu akan mengamati apakah terjadi pelanggaran di kotak penalti atau tidak. Selain itu, dia juga bertugas mengamati dan menentukan apakah bola sudah melewati garis gawang atau tidak.

Dewan federasi sepak bola internasional (IFAB) yang merumuskan aturan itu, menilai sistem itu lebih realistis. Sistem itu juga menggantikan usul penggunaan teknologi di garis gawang.

"Jika sistem ini tak disambut baik, maka IFAB tak akan mematenkan aturan itu. Kami sudah menerapkan sistem ini di Liga Europa dan berjalan dengan baik," kata Sekretaris Jenderal UEFA, Gianni Infantino. (AP)

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

About Me

Foto Saya
Bagus Alfiyanto
Mahasiswa yang ga mau repot
Lihat profil lengkapku

Followers

Archive blog

Blog Archive