Toyota HUman Model for Safety THUM versi 4 yang diluncurkan Toyota untuk meningkatkan kinerja sabuk keselamtan dan kantung pengaman.

Toyota Motor Corporation (TMC) hari ini memperkenalkan versi terbaru atau ke-4 manusia virtual atau Total HUman Model for Safety (THUM). Dengan versi 4 ini, analisis terhadap organ bagian dalam tubuh manusia yang cedera karena tabrakan mobil bisa dilakukan lebih detil.

THUM versi 4 adalah pria dewasa dengan tinggi rata-rata. Versi ini dilengkapi dengan model organ internal yang lebih detil dibandingkan dengan versi sebelumnya yang dilengkapi tulang dan otak. Dengan ini, jumlah organ tumbuh yang bisa dianalisis jumlahnya makin banyak.

Organ dalam manusia, menurut para ahli Toyota, sangat peka terhadap benturan selama mobil bertabrakan. Diperkirakan, selama tabrakan separo organ bagian dalam tubuh mengalami cendera.

Untuk mengembangkan THUM versi 4 ini, TMC bekerja sama dengan lembaga riset pada universitas dan menggunakan pemindai (scanner) computed tomography (CT) yang sangat presisi untuk menentukan ukuran struktur internal tubuh manusia.

Dengan menciptakan model berbagai organ di dalam tubuh secara presisi, juga posisinya dan hubungan antara organ tersebut, manusia virtual terbaru ini mampu memberikan informasi 14 kali lebih banyak dari versi sebelumnya. Dengan ini pula, analisis dari luka dalam di bagian dalam tubuh, pada versi 4 dapat disimulasikan dengan detil lebih besar, selama tabrakan, terutama pada bagian tungkai (tulang) yang mengalami perubahan bentuk dan organ internal yang rusak.

Manusia virtual ini digunakan Toyota untuk meningkatkan kinerja peranti keselamatan, yaitu sabuk keselamatan dan kantung udara. Toyota juga menambahkan THUM wanita kecil dan pria besar untuk memperoleh simulasi dengan rentang situasi kecelakaan lebih besar.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

About Me

Foto Saya
Bagus Alfiyanto
Mahasiswa yang ga mau repot
Lihat profil lengkapku

Followers

Archive blog

Blog Archive