Gordon Murray, pria di belakang layar McLaren F1 dan pernah bergabung di tim F1 Brabham, memperkenalkan proyek terbarunya, city car listrik T27. Kendaraan ini dipromosikan sebagai mobil listrik sangat efisien di dunia.

Proyek dimulai 16 bulan lalu yang 50 persen anggarannya ditanggung Pemerintah Inggris bidang strategi teknologi. Prototipenya baru bisa diluncurkan 2011.

City car, kelaknya berbentuk multi purpose vehicle (MPV) dengan enam layout interior yang berbeda, dirancang ulang oleh perusahaan desain milik Murray di Inggris. Mereka kerja sama dengan Zytek Automotive.

Dari segi dimensi, panjangnya 2,5 meter, lebar 1,3 meter dan tinggi 1,6 meter. Sementara wheelbase 1,78 meter dengan bobot kendaraan 680 kg (sudah termasuk baterai).

Untuk tenaga penggerak akan menggunakan motor listrik 25 kW (34 HP) dan baterai lithium-ion 12 kWh. Akselerasi 0-100 km/jam dicapai 15 detik. Daya tempuh dengan sekali isi bisa mencapai jarak 125-160 km.

Dalam pernyataannya, Murray menyebutkan kalau T.27 ini hampir mirip dengan T.25 city car. Kedua kendaraan urban ini dijadwalkan menggunakan tenaga insinyur dari iStrem manufacturing system, yang mana secara signifikan bisa menekan investasi.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

About Me

Foto Saya
Bagus Alfiyanto
Mahasiswa yang ga mau repot
Lihat profil lengkapku

Followers

Archive blog

Blog Archive